Gelar Deklarasi Towards Net Zero, Plataran Menjangan Jadi Mitra Resmi G20

FAZ • Thursday, 4 Aug 2022 - 07:13 WIB

Plataran Menjangan menjadi mitra resmi G20. Fasilitas ini bertindak sebagai tuan rumah deklarasi Toward Net Zero pada 6-7 Juli 2022 lalu.

Deklarasi Towards Net Zero adalah upaya mencapai emisi nol bersih yang merupakan bagian dari Deklarasi Glasgow sebagai katalis untuk mempercepat aksi iklim dalam pariwisata.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengamankan tindakan serta komitmen yang kuat demi mendukung tujuan global mengurangi separuh emisi selama dekade berikutnya sebelum tahun 2050.

Dengan diluncurkannya rencana ini, Indonesia akan menjadi negara pertama di ASEAN yang melaksanakan Deklarasi Glasgow bersama-sama di bidang pariwisata.

Adapun kegiatan ini merupakan kolaborasi Plataran dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan, dan Pemerintah Daerah Bali.

Deklarasi ini membahas tentang Carbon Offsetting Tourism yang merupakan bentuk pengembangan pariwisata berkelanjutan yang terus digencarkan berbagai pihak. Salah satunya dengan meluncurkan program penghitungan jejak karbon.

"Program carbon offset adalah upaya kita berkontribusi dalam penyeimbangan nilai emisi, kita harus seimbangkan nilai emisi yang dihasilkan oleh aktivitas pariwisata dunia dan saat ini sektor pariwisata menyumbang sekitar delapan persen emisi dunia, ini dari data Dewan Nasional Perubahan Iklim Indonesia," ungkap Menteri Parekraf Sandiaga Uno.

Untuk diketahui, Plataran Menjangan Resort terletak di Plataran L’Harmonie, Taman Nasional Bali Barat yang merupakan satu-satunya Taman Nasional di Bali.

Konsep Plataran L’Harmonie merupakan salah satu bentuk kepedulian Plataran terhadap alam, budaya dan masyarakat.

Ini sesuai dengan tiga pilar utama Plataran, yaitu Plataran for the Nature, Plataran for the People, dan Plataran for the Heritage.

Di lahan Taman Nasional Bali Barat seluas 382 hektar, Plataran L’Harmonie merupakan rumah bagi 175 jenis flora and 167 jenis fauna.

Plataran Menjangan dapat menjadi pilihan gaya hidup baru untuk berwisata, di mana para tamu dapat menikmati ekosistem hutan hujan dataran rendah, hutan bakau yang berusia lebih dari 1000 tahun, pantai, terumbu karang serta mengamati jalak Bali yang terancam punah.

Pengunjung juga bisa sekaligus berinteraksi dengan masyarakat sekitar melalui program kegiatan yang telah disediakan oleh Plataran Menjangan.

Melaui kegiatan ini, Plataran menjadi salah satu destinasi pilot program pemerintah untuk Towards Climate Positive Tourism through Decarbonization and Ecotourism.

Juga menjadi satu-satunya destinasi yang dikelola pihak swasta dari 5 destinasi pilot program yang ditunjuk untuk berkontribusi dalam kegiatan ini.

"Ditunjuknya Plataran Menjangan sebagai sektor swasta pertama dan pionir di Indonesia, merupakan bentuk nyata kepedulian kami terhadap konservasi lingkungan darat dan laut Indonesia yang berkelanjutan, dengan integrasi 3 hal KSK: Kredibilitas, Sosialisasi, Kolaborasi dalam upaya penuh untuk pengembangan ekowisata,” ujar CEO Plataran Indonesia Group Yozua Makes.

Upaya tersebut bertujuan untuk menyerap jejak karbon yang dihasilkan oleh industri pariwisata dan membantu mencegah dampak buruknya terhadap iklim sesuai dengan visi Plataran yaitu #TravelwithPurpose.

Adapun 4 destinasi pilot program lainnya adalah Mangrove Tembudan Radiant di Berau, Kalimantan Timur, Pantai 3 Warna atau Konservasi Mangrove Clungup di Malang, Bukit Peramun di Bangka Belitung dan Wisata Mangrove Kawalu Taman di Sorong.