Mendag Apresiasi Harga Bahan Pokok di Jatim Terjaga Stabil

MUS • Sunday, 31 Jul 2022 - 13:20 WIB

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan melakukan sidak ke Pasar Keputran Jl. Urip Sumoharjo, Keputran, Kec. Tegalsari Surabaya, Sabtu (30/7) malam. 

Hasil dari tinjauan di pasar induk tersebut, harga bahan pokok terpantau stabil. Bahkan ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga.

Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi kinerja Gubernur Khofifah yang mampu menjaga harga bahan pokok (bapok) di Jatim terus stabil. 

“Saya terima kasih Bu Gubernur, berkat kepemimpinannya ibu Gubernur harga-harga di sini cepat sekali stabil. Bahkan cenderung turun harganya menjadi lebih murah," pujinya.

Mendag mengajak semua pihak untuk terus menjaga kestabilan harga bahan pokok ini. Dengan begitu inflasi yang cukup tinggi di bulan kemarin bisa kembali diturunkan. 

"Mudahan-mudahan harga stabil dan rendah, kalau harga bapok tidak stabil, maka inflasi, yang agak tinggi bulan kemarin, bisa kita jaga dengan baik," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah mengatakan kestabilan harga bapok di Jatim merupakan upaya kinerja bersama antara pemerintah daerah se Jatim  dan juga satgas pangan. Ia pun mengapresiasi kinerja pihak-pihak yang ikut berperan dalam menjaga kestabilan harga bahan pokok dan bahan pangan di Jatim. 

"Tentu ini adalah hasil dari kinerja semua pihak terkait termasuk satgas pangan Jatim dan juga satgas yang ada di masing-masing kabupaten kota," Kata Gubernur Khofifah usai sidak Pasar Keputran.

Gubernur Khofifah menilai kestabilan harga bahan pokok ini harus dijaga demi menjaga agar inflasi tetap di angka yang aman. Selain itu harga bapok yang cenderung mengalami penurunan akan membuat masyarakat tenang. 

"Harga bapok alhamdulillah dalam kondisi yang stabil dan ada beberapa yang mengalami penurunan . Ini pasti membuat ibu-ibu dan pedagang makanan khususnya menjadi tenang," tuturnya.

Di sisi lain, ia mengatakan bahwa harga daging sapi relatif stabil di Jawa Timur. Saat ini harga daging sapi masih berkisar antara Rp 110 ribu sampai Rp 115 ribu per kilogramnya. 

Sementara harga daging ayam saat ini  mengalami penurunan Rp 36 ribu sampai Rp 38 ribu dari harga sebelumnya Rp 50 ribu sampai Rp 52 ribu per kilogramnya. 

Khofifah berharap agar harga bahan pokok dan harga pangan di Jatim bisa terjaga kestabilannya agar masyarakat sebagai konsumen tenang, daya beli masyarakat terjaga dan para pedagang juga senang. (Her)