Kecerian Anak Desa Dames Damai, Meriahkan HAN 2022

ANP • Friday, 29 Jul 2022 - 12:52 WIB

SURALAGA -- Matahari baru muncul di ufuk timur. Tapi puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dharutholibin di Desa Dames Damai Kecamatan Suralaga Lombok Timur Nusa Tenggara Barat sudah berdatangan ke sekolah.

Senyum mereka mengembang, bersama dengan semangat untuk menerima pelajaran hari ini.

Seperti biasa, sebelum memulai pelajaran hari itu anak-anak duduk rapi di selasar kelas melantunkan shalawat dan ayat-ayat kitab suci Al Quran dibawah bimbingan bapak dan ibu guru.

Tapi ada yang spesial hari ini, Jumat, 29 Juli 2022. 

Para siswa MI Dharutholibin mendapat kunjungan dari Kementerian Sosial melalui program Kampanye Sosial bertajuk Peksos _Goes To School_.

Program _Peksos Goes To School_ digelar dalam rangkaian acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang merupakan upaya untuk memastikan pemenuhan dan perlindungan hak anak menghadapi berbagai tantangan. 

Terlebih, banyak anak menghadapi berbagai kesulitan akibat terbatasnya mobilitas, akses, kondisi ekonomi dan berbagai kendala lainnya seperti anak miskin, terlantar dan anak yang memerlukan perlindungan khusus. 

Menghadapi berbagai keterbatasan tersebut, kehadiran negara dan dukungan dari lingkungan sosial anak merupakan hal yang penting. Kementerian Sosial mengupayakan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan penduduk miskin dan rentan serta meningkatkan layanan yang berkualitas termasuk untuk anak-anak.

Kepala Sentra Dharma Guna Bengkulu Syam Wuryani dalam sambutannya mengingatkan soal bahaya _bullying_ atau perundungan terutama di lingkungan sekolah.

"_Bullying_ atau perundungan memiliki dampak secara mental, emosional dan fisik", kata Yani panggilan akrabnya.

Yani menambahkan kegiatan ini merupakan rangkaian acara peringatan HAN 2022 yang puncaknya akan digelar di halaman Kantor Bupati Selong Lombok Timur NTB, Senin, 1 Agustus 2022. 

Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Jelang acara puncak, Kementerian Sosial berkomitmen untuk membahagiakan anak Indonesia, termasuk juga mengedukasi dan melindungi hak anak sehingga akan terwujud anak Indonesia yang hebat", bebernya.

Ketua Yayasan Pendidikan Dharutholibin, Moch Zaini mengapresiasi kegiatan Peksos _Goes to School_ yang diinisiasi Kementerian Sosial. 

Ia berharap kunjungan Kemensos  dapat memberikan kebahagiaan dan keceriaan untuk anak-anak Indonesia.

Senada, Camat Suralaga Nur Hilal berpesan kepada anak-anak agar tetap semangat belajar untuk meraih cita-cita.

"Jangan minder sekolah di Madrasah karena banyak pemimpin di Indonesia mengenyam pendidikan di pondok pesantren. Tidak boleh kecil hati yang penting punya kemauan meraih cita-cita tinggi", pungkasnya.

Sementara salah satu siswa MI, Sabrina (11) mengaku senang mengikuti kegiatan Peksos _Goes To School_ karena bisa bermain dan berkumpul bersama teman-temannya.

Sabrina yang bercita-cita menjadi guru ini juga berpesan kepada teman-temannya agar tetap kompak dan tidak saling membully.

"Harapannya anak-anak Indonesia tak saling membully tak saling menghina dan tetap semangat belajar", pesannya. 

Dalam rangkaian kegiatan HAN 2022 Kemensos menggelar berbagai kegiatan diantaranya pemberian bantuan untuk anak, layanan pemenuhan hak sipil anak, layanan kesehatan, khitanan massal, pemanfaatan pusat komunitas, kreatifitas, olahraga, seni, permainan tradisional dan kampanye sosial. (ANP)