Pemprov Sumut Beri Dukungan Penuh Danau Toba Rally 2022

MUS • Wednesday, 27 Jul 2022 - 12:25 WIB

Medan - Ketua umum Pengprov IMI Sumatera Utara, Haji Harun Mustafa Nasution mengapresiasi dukungan dari Pemprov Sumut atas terselenggaranya event  Danau Toba Rally 2022, dalam upaya menghadirkan kembali gelaran Rally Asia dan WRC di Sumut.

Hal ini dikatakan Ketua Umum IMI Sumut di Medan usai audensi dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, untuk melaporkan kesiapan panitia pelaksana Danau Toba Rally 2022 sekaligus Kejuaraan Nasional Rally 2022 Putaran I.

"Dukungan penuh Pemprovsu sangat kita apresiasi. Hal ini menjadi modal dan suntikan Semangat bagi IMI Sumut, Panitia pelaksana dan OC untuk mensukseskan kejuaraan,“ sebutnya.  

Dalam audiensi ini Ketua umum IMI Sumut didampingi Sekum dan COC Ahmad Syauki Anas, Ketua Panitia pelaksana Mahyu Daniel sekretaris Edwin A Nasution serta unsur panitia pelaksana lain bersama sponsor dari Toba Pulp Lestari.

Kejuaraan Rally 2022 Putaran I digelar pada tanggal 5 - 7 Agustus di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Kabupaten Simalungun. Event  ini menjadi pemanasan jelang kejuaraan Asia Pasifik (APRC) sekaligus kejuaraan Putaran II pada tanggal 23 - 25 September 2022 mendatang  sebagai jenjang menuju kejuaraan dunia WRC di Sumut.

Dalam pertemuan tersebut  Wagub Musa Rajekshah menyatakan dukungan Pemprov Sumut karena event ini bisa meningkatkan kunjungan wisata melalui kegiatan seperti Kejuaraan Nasional dan APRC ini sebagai bagian dari sport tourism. Apalagi Danau Toba juga merupakan destinasi wisata super prioritas. 

Harun Nasution menambahkan target di 2024 WRC bisa kembali berlangsung di Sumut. Dua event kejuaraan nasional rally di Danau Toba tahun ini menjadi barometer bisa terselenggaranya lagi WRC di Sumut yang terakhir berlangsung pada tahun 1997.

Menurut Harun Nasution dukungan atas hadirnya lagi WRC dengan lokasi lomba di Danau Toba sebelumnya juga sudah diungkapkan Menko bidang kemaritiman dan investasi Luhut binsar Panjaitan Bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif sandiaga Uno.

"Dukungan telah kita peroleh dan menjadi tugas kita bersama untuk bersama-sama bekerja merealisasikan agar WRC kembali bergulir di Sumatera Utara," papar Harun. 

Namun, lanjutnya, seperti kata Wagubsu ketika beraudensi dukungan dari pemerintah pusat diperlukan agar WRC bisa hadir lagi, dan 2 tahun mendatang akan ada multiplayer effect yang dirasakan.

"Termasuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar danau toba diantaranya para pelaku UMKM di Sumut dapat memanfaatkan momentum ini," terang Harun Mustafa Nasution. (Ron)