Peringati Hari Anak Nasional, UNICEF Gandeng Pemkab Banyumas Untuk Penguatan Layanan Perlindungan Anak

FAZ • Wednesday, 27 Jul 2022 - 10:32 WIB

Banyumas - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang berlangsung di pendopo Kabupaten Banyumas, Rabu (27/7/2022) terasa begitu spesial.

Pasalnya, pada momentum itu, UNICEF berkolaborasi dengan Pemprov Jawa Tengah dan Pemkab Banyumas meluncurkan program Safe and Friendly Environment for Children (SAFE4C),  serta program Safety Online dan Aplikasi Jogo Konco.

Spesialis Perlindungan Anak Unicef Indonesia, Naning Puji Julianingsih mengungkapkan, penguatan layanan perlindungan anak di tingkat kabupaten hingga desa, diharapkan dapat mewujudkan lingkungan yang aman dan ramah serta mampu melindungi tumbuh kembang anak.

Anak-anak yang memiliki keterampilan hidup, mampu menjadi pelopor masa depan gemilang. Unicef menegaskan komitmennya membantu menjadikan Banyumas sebagai kabupaten yang aman dan ramah anak guna mewujudkan SAFE4C.

"UNICEF melaunching aplikasi bernama Jaga Konco yang berisi edukasi tentang anak, termasuk sosial budaya. Aplikasi ini sangat interaktif, dan di menunya juga ada curhat online. Hanya admin yang baca. Aplikasi ini bertujuan agar anak-anak saling menjaga, saling membantu satu sama lain," ujar Naning dalam wawancara langsung dengan MNC Trijaya FM di Banyumas, Rabu (27/7/2022).

SAFE4C merupakan program kerja sama Pemkab Banyumas, Yayasan Setara, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah.

"Kita melaksanakan kegiatan tersebut di 90 desa di Banyumas. Alasan kegiatan ini dilakukan di Banyumas adalah agar anak-anak Banyumas yang rentan akan kekerasan atau pelecehan, dapat terlindungi dengan adanya layanan tersebut," pungkasnya.