Garuda Shield Bukti Nyata Kualitas Militer Indonesia

MUS • Tuesday, 26 Jul 2022 - 17:54 WIB

Jakarta – Sejak merdeka, Indonesia mulai membuka diri terhadap negara-negara internasional. Hingga kini banyak bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia, baik dalam lingkup ASEAN, PBB, maupun kerja sama lainnya dengan negara-negara di seluruh dunia.

Salah satunya ajang latihan Garuda Shield yang  merupakan salah satu program kerja sama internasional di bidang pertahanan dan militer. 

Garuda Shield adalah latihan gabungan yang diadakan secara tahunan antara TNI dan negara-negara anggota Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM). Garuda shield dibentuk dengan tujuan memperkuat interoperabilitas, kemampuan, rasa saling percaya, dan kerja sama yang telah dibangun dari pengalaman bersama selama beberapa dekade.

Latihan ini akan meliputi pertukaran profesional dan budaya yang memperkuat kemitraan AS-Indonesia melalui pembelajaran dan pelatihan bersama. Pelatihan, pertukaran akademik, dan lokakarya pengembangan profesional yang ditujukan untuk anggota di tingkat korps dan di bawahnya akan berfokus pada bidang-bidang seperti bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana alam, serta memerangi ancaman konvensional, nonkonvensional, dan hibrida. 

Dengan melibatkan hampir 2.000 personel TNI AD dan 2.000 personel militer AS, latihan ini bertujuan untuk memperkuat Kemitraan Strategis AS-Indonesia dan memajukan kerja sama regional dalam mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Saya bangga melihat bagaimana Garuda Shield telah berkembang dibandingkan tahun lalu, dalam musim panas ini dikembangkan menjadi latihan gabungan multinasional yang mencakup semua komponen militer kita. Ini merupakan simbol ikatan AS-Indonesia dan hubungan yang berkembang antara kekuatan darat di wilayah yang sangat penting ini, karena kekuatan darat adalah perekat yang menyatukan arsitektur keamanan kawasan. Kami melakukannya bersama dengan membangun kesiapan, membangun hubungan, dan membangun kepercayaan. Menyatukan pasukan kita seperti ini, kita menjahit jalinan keamanan regional menjadi sesuatu yang langgeng," kata Jenderal Charles Flynn, Komandan Jenderal Angkatan Darat AS untuk Pasifik.

Garuda Shield 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022, berlokasi di pelatihan Baturaja, Amborawang, dan Pulau Batam. Dalam Latihan Garuda Shield kali ini anggota militer dari Indonesia dan Amerika Serikat akan bergabung tahun ini dengan personel militer dari Australia, Jepang, dan Singapura. (AMM)