Minum Air dari Sungai Suci, Menteri India ini Malah Sakit Perut 

MUS • Saturday, 23 Jul 2022 - 20:58 WIB

Punjab - Ketua Menteri negara bagian Punjab di India, Bhagwant Mann, harus dirawat di rumah sakit beberapa hari setelah dia meminum air dari 'sungai suci'. 

Aktivitas itu dilakukan Mann sebagai bagian dari kampanye pembersihan sungai di seluruh negara bagian, media lokal melaporkan. Dalam sebuah video viral, Bhagwant Mann terlihat menyendoki dan meminum segelas air dari sungai Bein, sungai suci di Sultanpur Lodhi, selama acara peluncuran kampanye untuk membersihkan sungai dan saluran air di seluruh negara bagian. 

Dalam video yang di-tweet oleh kendaraan politiknya, partai Aam Admi (AAP) disebutkan Mann minum “air suci di Sultanpur Lodhi, tanah yang disentuh oleh Kaki (pendiri agama Sikh) Guru Nanak Sahib”. 

Dua hari kemudian, dia diterbangkan dari kediaman resminya di Chandigarh ke sebuah rumah sakit di negara bagian tetangga Delhi, di mana dia dirawat setelah mengeluh sakit perut yang parah, lapor The Indian Express, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut. 

Acara ini diadakan untuk menandai ulang tahun ke-22 pembersihan sungai Kali Bein karena Mann bertujuan untuk mempromosikan upaya tersebut. 

Publik segera mulai menghubungkan penyakitnya yang dilaporkan, dengan kelakuan Mann meminum air dari sungai, yang dianggap suci. Kantornya, membantah kepala menteri jatuh sakit dan mengatakan Mann pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan rutin. 

Penyangkalan penyakit, bagaimanapun, tidak menghalangi beberapa pengguna media sosial yang menjulukinya sebagai "aksi PR yang gagal" dengan mengatakan bahwa air yang terkontaminasi dari sungai adalah alasan di balik rawat inapnya.

“Kepala Menteri Punjab secara terbuka meminum segelas air tercemar dari ‘sungai suci’ untuk membuktikan bahwa air itu bersih. Sekarang dirawat di rumah sakit,” kata Ashok Swain, seorang profesor.