Teknologi untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar bagi Para Guru

ANP • Friday, 22 Jul 2022 - 19:08 WIB

Solo - Kegiatan Webinar Makin Cakap Digital 2022 kembali diadakan dengan tema “Teknologi untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar” bagi para guru di Solo, Jawa Tengah, oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. 

Webinar ini berlangsung pada Rabu, 20 Juli 2022. Melibatkan para guru dan tenaga pendidik di Solo sebagai peserta webinar melalui Zoom. Kegiatan webinar yang dimoderatori oleh Ryan Anggara ini bertujuan memberikan pemahaman agar para guru dan tenaga pendidik memiliki pengetahuan dalam menggunakan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar.

Menurut data Microsoft, Indonesia termasuk dalam kuartil empat atau terbawah dalam Indeks Keadaban Digital (Digital Civility Index), yaitu berada di tingkat ke 29 dari 32 negara. 

Selain itu berdasarkan UNESCO, Indonesia menempati peringkat ke 60 dari 61 negara soal literasi dunia dengan minat baca sangat rendah sebesar 0,001 persen atau hanya 1 dari 1.000 orang Indonesia yang rajin membaca. 

Oleh karena itu minat baca masyarakat Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Berdasarkan data-data fakta tersebut, Kemenkominfo mengadakan kegiatan ini agar para guru dan tenaga pendidik memiliki pengetahuan dalam menggunakan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar sehingga masyarakat Indonesia dapat bertumbuh menjadi lebih baik terutama di bidang teknologi. 

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. 

“Peningkatan penggunaan teknologi perlu diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak dan tepat guna,” ujar Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. 

Pernyataan tersebut semakin memperjelas pentingnya peningkatan para murid dan guru dalam menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar.

*Teknologi dan Manfaatnya dalam Proses Belajar Mengajar*
Pada kesempatan ini, M. Muzaqi, S.Kom., Dosen Inovatif menjabarkan mengenai cara mengembangkan teknologi yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. 

Saat ini ada berbagai teknologi yang dapat digunakan dan dikembangkan sehingga mempermudah proses belajar mengajar. 

Mulai dari aplikasi penunjang tatap muka online lalu aplikasi yang dapat dipergunakan untuk menyebarluaskan materi pendidikan hingga aplikasi untuk meletakan atau menuangkan materi pendidikan secara online. 

Semua itu dirangkum secara apik dan berharap agar pandemi yang menerjang pendidikan dan negara Indonesia menjadi akselerator agar teknologi bisa digunakan untuk berbagai proses kehidupan, utamanya untuk proses pendidikan.

Selanjutnya pemaparan kedua oleh Chelen, Executive Assistant YOT Holding. Ia menjelaskan mengenai penggunaan media sosial untuk menunjang proses belajar mengajar. 

Menurutnya pembelajaran dapat menyenangkan dan baik, yaitu menggunakan media sosial seperti YouTube, TikTok, FB, Instagram. 

Diinformasikan pula berbagai manfaat dari media sosial yang dapat menunjang proses belajar mengajar sekaligus bagaimana cara membatasi waktu penggunaannya. Semua itu demi tercapainya pemanfaatan media sosial yang mampu mengarahkan proses pembelajaran berlangsung lebih efektif dan efisien  

Pemaparan terakhir disampaikan oleh Rizqi Mulyantara Hidayat Syah (Direktur Utama PT. Solusi Tiket Digital). Ia memberi penjelasan dan gambaran realistis cara guru inovatif mengaplikasian teknologi dalam proses belajar mengajar. 

Diawali dengan tantangan apa saja yang terdapat dalam proses belajar mengajar hingga diinformasikan pula bagaimana cara dan tips untuk membuat konten menarik. 

Pemaparan ini punya harapan agar dalam membuat media ada baiknya guru harus mencari poin-poin penting dalam proses belajar mengajar. Jangan menampilkan semua kalimat sehingga menutupi seluruh slide presentasi atau materinya. Hal ini akan menyebabkan pemirsa/anak didik yang melihat materi merasa tidak betah dan mudah lelah pada bagian penglihatan.

Webinar Makin Cakap Digital 2022 bermaksud untuk memberikan informasi dan pengetahuan bagi guru dan tenaga pendidik untuk memiliki pengetahuan dalam menggunakan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar. Harapannya agar proses belajar mengajar menjadi menarik dan menyenangkan bagi para peserta didiknya. 

Animo masyarakat menjadikan Kemenkominfo terus berupaya memberikan edukasi melalui program Indonesia Makin Cakap Digital yang berkolaborasi bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. 

Detail informasi mengenai kegiatan lainnya yang dapat dapat diiikuti dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Instagram. TikTok, Twitter , Facebook & channel Youtube Siberkreasi. (ANP)