Temui Menhan Prabowo, Dubes Ukraina: Sangat Menginspirasi

MUS • Thursday, 21 Jul 2022 - 15:36 WIB

Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo bertemu dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Ukraina untuk Republik Indonesia, Vasyl Hamianin. Hamianin menyebut pertemuan itu sangat menginspirasi.

Melalui akun Instagramnya @vasylhamianin Hamianin menyebut pertemuan keduanya membahas tentang situasi di Ukraina dan tukar pandangan tentang kerja sama dua negara di masa depan. Dalam postingan pada Rabu (20/7/2022) itu, Hamianin menyertakan dua foto pertemuan mereka. 

"Pertemuan yang sangat menginspirasi dengan Menhan RI dan pimpinan Partai Gerindra, Bapak Prabowo Subianto," tulisnya. 

Diskusi intensif tentang situasi di Ukraina dan pertukaran pandangan tentang kerja sama di masa depan. Saya mengharapkan sesuatu yang sangat positif!" tulis Hamianin dalam keterangan unggahan. 

Dalam pertemuan tersebut, tampak Prabowo mengenakan kemeja warna krem lengan panjang. Sementara Hamianin mengenakan kemeja batik warna kuning keemasan lengan panjang. 

Unggahan pertama, Hamianin menunjukkan foto keduanya berjabat erat. Sementara dalam unggahan kedua, tampak mereka berfoto dengan memegang sovenir.

Dalam foto lain yang beredar, tampak keduanya duduk akrab saat berbincang. Keduanya duduk di sofa terpisah dengan sebuah meja kecil di tengahnya. 

Sayang juru bicara Kementerian Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak saat dihubungi iNews.id masih enggan memberikan komentar terkait hasil pertemuan Prabowo dan Hamianin. 

"Saya belum bisa jawab," katanya, Kamis (21/7/2022).

Sebelumnya, Vasyl Hamianin memuji langkah Presiden Jokowi yang berkunjung ke Ukraina dan Rusia, beberapa aktu lalu. Ia menilai Jokowi memiliki pendekatan yang luar biasa dalam merumuskan dan mengusahakan perdamaian di Eropa. 

"Salah satunya lewat kunjungannya ke Ukraina beberapa waktu lalu," ujar Vasyl Hamianin saat menggelar jumpa pers di sela-sela kunjungannya ke Universitas Islam Indonesia (UII) pada Senin (18/7/2022).