Way Down, Membobol Bank dalam Keriuhan Sepakbola

FAZ • Wednesday, 20 Jul 2022 - 20:58 WIB

Genre: Action, petualangan
Sutradara: Jaume Balagueró
Pemeran: Freddie Highmore, Astrid Bergès-Frisbey, Sam Riley, Liam Cunningham
Durasi: 2 jam
Segera tayang di bioskop Cinema XXI

Cerita perencanaan perampokan selalu memberikan adegan-adegan yang seru dan enak diikuti sampai akhir. Tak hanya penasaran keberhasilan para tokohnya, penonton juga diajak mengikuti, menjawab teka-teki yang harus dilalui, untuk semakin dekat dengan target pencurian.

Dalam "Way Down", keseruan tersebut ditambah dengan sains sederhana, dan keriuhan suporter sepakbola. Bagaimana bisa? Karena upaya kriminal melibatkan brankas tua, yang dirancang sebenarnya sangat sederhana. Ditambah dengan latar waktu saat Piala Dunia 2010.

Awalnya, sekelompok pemburu harta karun menawarkan pekerjaan menantang bagi mahasiswa teknik jenius, Thom (Freddie Highmore). Sebagai anak orang kaya yang berkuliah di Cambridge University, Thom telah ditawari berbagai pekerjaan dari perusahaan-perusahaan besar, untuk menyelesaikan masalah terutama perminyakan. Gajinya tentu tak main-main.

Namun, Thom tertarik dengan tawaran pimpinan perampok, atau yang disebutnya penyelamatan aset-aset berharga, bernama Walter. Thom direkrut Walter untuk mencuri koin bernilai sangat tinggi, yang pernah tenggelam di laut, sempat ditemukan kembali oleh tim Walter, dan kini tersimpan di brankas tua misterius, tersembunyi di bawah bangunan Bank Spanyol.

Segala usaha telah direncanakan Walter bersama timnya, kemampuan peretasan, alat-alat canggih, logistik yang mumpuni, tenaga dan pikiran dari mantan prajurit elit, serta kelihaian menipu telah dikerahkan, tetapi ada masalah teknis yang ditemui yaitu sistem kerja brankas yang belum dapat dipahami.

Brankas hasil rancangan insinyur jenius pada zamannya ternyata menyimpan prinsip ilmu pengetahuan sederhana. Di situlah peran Thom untuk memahami dan memberi solusinya.

Saat persiapan pencurian, Thom berkontribusi melebihi dari kemampuannya sebagai insinyur. Dia membangun relasi dengan anggota kelompok dan rela melakukan yang tak pernah terbayangkan.

Momen misi pembobolan Bank Spanyol yang dijaga super ketat berlangsung saat final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Saat itu, Spanyol melenggang ke final untuk menghadapi kekuatan sepakbola dunia lainnya, Belanda.

Ketika seluruh mata di sekitar Bank Spanyol tertuju ke layar lebar nonton bareng, saat itulah Walter, Thom, dan timnya beraksi. Mereka hanya memiliki 2x45 menit ditambah perpanjangan waktu pertandingan, untuk mencetak skor terpenting dalam kehidupannya.

"Way Down" segera tayang di bioskop Cinema XXI, siap memberikan detail visual yang membuat kita makin berkonsentrasi mengikuti rangkaian upaya pencurian harta terasyik bersama Freddie Highmore, yang saat belianya pernah menghibur kita sebagai aktor cilik dalam  Finding Neverland (2004), dan Charlie and the Chocolate Factory (2005).