Sido Muncul Kembali Gelar Operasi Sumbing Bibir dan Langit-langit Gratis di Wonosobo

MUS • Tuesday, 19 Jul 2022 - 17:54 WIB

Wonosobo - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk bersama Rotary Club of Semarang Bojong dan RSI Wonosobo kembali menggelar Operasi Sumbing Bibir dan Langit-langit Gratis yang dilaksanakan di Wonosobo.

Kegiatan sosial tersebut untuk membantu keluarga pasien bibir sumbing dan langit-langit yang kurang mampu.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan kegiatan operasi bibir sumbing dan langit-langit itu, bukan baru pertama kali dilaksanakan oleh Sido Muncul, karena kegiatan serupa sudah dilakukan sejak 2018 lalu yang diselenggarakan di sejumlah daerah di Indonesia.

"Bantuan operasi bibir sumbing gratis dari Sido Muncul sudah terlaksana sebanyak enam kali sejak 2018. Kami pernah adakan di Kupang sebanyak dua kali, Banten, Dolok Sanggul, Tarutung, dan Tegal," ujar Irwan.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan di Wonosobo itu terdapat 30 pasien yang terdiri dari anak-anak dan bayi ikut dalam operasi tersebut.

Sedangkan 10 pasien dengan kasus Labio (Sumbing Bibir), 10 pasien dengan kasus Palato (Sumbing Langit-langit), serta 10 pasien dengan kasus Labio & Palato (Sumbing Bibir dan Langit-langit). Seluruh pasien telah menjalankan proses screening sehari sebelumnya.

"Saya bersyukur karena Sido Muncul bisa berpartisipasi untuk (mengadakan) operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis tutur Irwan.
Dia menambahkan untuk 2022 ini, pihaknya telah melakukan operasi bibir sumbing dan langit-langit kepada 125 pasien.
Bantuan ini kami fokuskan bagi penderita yang berasal dari keluarga kurang mampu," ujarnya.

Menurut Irwan, selain dapat membantu keluarga pasien, melalui kegiatan ini diharapkan penderita penyakit tersebut bisa lebih percaya diri dan mampu menjalankan hidup lebih normal, mengingat, para penderita bibir sumbing dan langit-langit kerap menghadapi sejumlah kendala dalam menjalankan kehidupan, di antaranya sulit saat mengkonsumsi makanan hingga pergaulan di tengah masyarakat.

"Mereka (penderita) bibir sumbing itu kesulitan untuk makan dan pergaulan sosial menjadi rendah diri. Kami berharap agar operasi berjalan lancar, pasien-pasien dapat kembali tersenyum, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk bersosialisasi," tutur Irwan.

Irwan menuturkan kegiatan sosial ini tidak akan berhenti, bahkan Sido Muncul memastikan bakal terus melakukan kegiatan sosial agar lebih banyak masyarakat yang terbantu. Sido Muncul juga terbuka melakukan kolaborasi dengan sejumlah organisasi untuk melaksanakan operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis.

Sementara itu, Membership Committee Rotary Club of Semarang Bojong Eleonora Aprilita mengatakan pihaknya merasa senang karena bisa berkolaborasi dengan Sido Muncul dalam acara Operasi Sumbing Bibir dan langit-langit Gratis di Wonosobo.

"Terima kasih Sido Muncul karena telah banyak membantu," tutur Eleonora.

Dia menilai Rotary Club of Semarang Bojong memiliki pandangan yang sama dengan Sido Muncul dalam aksi kegiatan sosial ini yakni ingin membuat para penderita penyakit tersebut bisa tersenyum kembali.

"Kami ingin membantu para penderita bibir sumbing agar bisa tersenyum kembali dan percaya diri," ujarnya. (APb)