LPB MUI Pusat Percepat Bentuk Lembaga Penanggulangan Bencana di Daerah

FAZ • Tuesday, 19 Jul 2022 - 15:12 WIB

Jakarta - Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) Pusat terus berupaya mengembangkan diri agar mampu menjangkau lokasi bencana lebih cepat. Salahsatunya dengan pembentukan LPB MUI di setiap MUI provinsi dan MUI kabupaten/kota.

Demikian diungkapkan wakil ketua LPB MUI Pusat, Prof. Dr. Achmad Syahid, M.Ag usai pertemuan dengan sejumlah pengurus MUI DKI Jakarta, (18/7).

"Kondisi Jabodetabek yang kerap dilanda bencana banjir, LPB MUI merasakan perlu kesigapan untuk hadir di lokasi bencana. Kehadiran LPB MUI di tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan mempercepat gerak langkah LPB MUI di lokasi bencana," tandas guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

Salahsatu yang akan segera dibentuk, lanjut Syahid, adalah LPB MUI Provinsi DKI Jakarta. "Para pengurus MUI DKI Jakarta sudah sepakat menyegerakan pembentukannya," tandas Syahid.

Tugas dari LPB MUI provinsi dan MUI kabupaten/kota, lanjut Syahid, menjadi garda terdepan bagi kerja-kerja kemanusiaan MUI. "Mulai dari assasment hingga impelementasi program penyelamatan akan dilakukan lebih dulu oleh LPB MUI di tingkat provinsi atau kabupaten/kota sebelum langkah lebih komprehensif dilakukan oleh LPB MUI Pusat," tandasnya.

Merespon harapan LPB MUI Pusat, Sekretaris MUI DKI Jakarta, KH Yusuf Aman memastikan sebelum memasuki bulan Agustus, pengurus LPB MUI DKI Jakarta insyaallah sudah terbentuk dan siap bekerja untuk umat," imbuhnya.

LPB MUI Pusat sendiri baru berdiri tahun 2020 dan kepemimpinannya diamanahkan kepada Prof. Dr. Ir. Ja'far Hafsah, ketua dan Akhmad Baidun, sekretaris. Sejumlah LPB MUI provinsi dan kabupaten/kota terus akan dibentuk. " Saat ini LPB MUI daerah yang sudah terbentuk baru di LPB MUI Sulawesi Selatan. Kita berharap semua MUI provinsi dan kabupaten/kota segera menyusul," ujar Sekretaris LPB MUI, Akhamd Baidun.

Ditambahkan Plt Ketua Bidang Media LPB MUI Pusat, Lukman Azis sudah beberapa kali LPB MUI hadir dalam pemberian bantuan kebencanaan seperti di banjir bandang Sumedang, erupsi Gunung Semeru, banjir bandang di Sumatera Barat serta banjir Jakarta dan Bekasi tahun 2021 lalu." Kegiatan ini mengandeng sejumlah perusahaan melalui Islamic Dakwah Fund (IDF) MUI dan lembaga lain yang sudah eksis dalam penanganan kebencanaan. Semoga dengan hadirnya LPB MUI di daerah akan banyak daerah bencana terjangkau," tutupnya.