Dubes Heri Buka Pertemuan ke-23 Asia-Afrika 20 di Tokyo: Kerja Sama Asia dan Afrika Harus Terus Diperkuat

MUS • Friday, 15 Jul 2022 - 06:59 WIB

Tokyo - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dan Kyodo Public Relations menggelar Pertemuan ke-23 Asia-Afrika 20 di Wisma Duta di Tokyo pada Kamis 14 Juli 2022. 

Kegiatan diselenggarakan untuk mempromosikan kerja sama Indonesia dengan negara-negara Afrika kepada kalangan bisnis Jepang, serta menjajaki kemitraan trilateral dengan pihak Jepang untuk menggarap pasar Afrika. Tidak kurang dari 100 peserta hadir dari kalangan diplomatik dan pelaku usaha dari perwakilan negara Asia - Afrika.

Acara yang dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, dihadiri oleh Ketua Dewan Asia Africa 20 Hisafumi Koga, Ketua Asosiasi Indonesia Jepang (JAPINDA) Fukuda Yasuo dan pembicara kehormatan Professor Soichi Noguchi dari University of Tokyo yang juga merupakan mantan astronot dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Dalam sambutan pembuka, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menekankan penguatan hubungan yang saling menguntungkan antara negara-negara Asia dan Afrika.

"Kebersamaan dan persahabatan kita yang terjalin sejak tahun 1955 harus terus diperkuat. Termasuk mempromosikan investasi, menghilangkan hambatan perdagangan dan mempromosikan kerja sama teknis," terang Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Politik Sunan Jaya Rustam.

"Saya yakin kita dapat bekerja sama dalam mengoptimalkan berbagai potensi yang ada. Termasuk mengatasi tantangan di antaranya  hambatan tarif dan non-tarif, skema pembiayaan dan konektivitas," tambahnya.

Dubes Heri selanjutnya menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Dalam kegiatan tersebut Diplomat Madya Direktorat Afrika Kementerian Luar Negeri RI Raksa Permana Ibrahim dan CEO PT. Waskita Beton Precast Poerbayu Ratsunu menyampaikan paparan terkait kebijakan dan sejumlah proyek kerja sama Indonesia dan negara-negara di Afrika.

Ketua Dewan Asia Africa 20 Hisafumi Koga mengapresiasi Indonesia sebagai tuan rumah kegiatan ini.

“Terima kasih kepada Duta Besar RI yang telah menjadi tuan rumah dari kegiatan ini. Acara ini penting untuk memajukan kerja sama khususnya di bidang ekonomi antara negara-negara Asia Afrika,” ujar Hisafumi Koga.

Dalam acara yang berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat ini disajikan hidangan soto, sate ayam serta aneka jajanan khas Indonesia. Para hadirin juga dihibur dengan alunan rindik Bali.