Burung Elang Jawa dan Batik Parijotho Sleman Simbol Maskot PORDA XVI DIY

MUS • Tuesday, 12 Jul 2022 - 09:32 WIB

Yogyakarta - Pekan Olahraga Daerah (PORDA)  XVI dan Pekan Paralimpic Daerah (PEPARDA) III tahun 2022, yang akan digelar tgl 1 – 9 September 2022 beriringan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh setiap tanggal 9 September, acara pembukaan dan penutupan akan diadakan di Stadion Maguwoharjo Sleman. 

Perhelatan besar olahraga ini merupakan kerja bersama pemerintah, insan olahraga dan seluruh masyarakat Sleman, diharapkan  animo masyarakat Sleman yang akan   menyemarakkan even PORDA dan PAPERDA untuk menggalakkan kompetisi olahraga, serta menjaring bibit-bibit unggul daerah.

Salah satu kesuksesan dan keberhasilan juga ditunjang dengan adanya logo dan maskot yang telah disiapakan, dimana logo dan maskot tersebut banyak mengandung makna, filosofi yang ada di Kabupaten Sleman. sebelumnya dalam pemilihan logo dan maskot melibatkan masyarakat dalam menyampaikan ide serta gagasannya yang dituangkan dalam bentuk lomba. 

Logo dan maskot PORDA DIY XVI dan PEPARDA III DIY, mengusung nama  SIELJA- Elang Jawa. Menurut Kustini Maskot SI ELJA – ELANG JAWA  merupakan simbol dari satwa endemic dari Kabupaten Sleman yang dinilai mampu mewakili semangat juang Sleman. Maskot  menggenakan kostum Parijotho yang merupakan batik khas Kabupaten Sleman. Parijotho sendiri merupakan flora khas dari kawasan lereng Gunung Merapi

Sementara itu, PORDA akan diikuti 4000 orang terdiri dari atlet, afficial dan pelatih dengan mempertandingkan 45 cabang olahraga. Sedang PEPARDA akan mempertandingkan 11 cabang olahraga, Adapun untuk persiapan sarana dan prasarana, Sleman memiliki beberapa lokasi yang dapat digunakan untuk melangsungkan pertandingan beberapa cabang olahraga.

Beberapa venue tersebut di antaranya Gedung Kesenian, Gedung Serbaguna, GOR Pangukan, GOR UNY, GOR Klebengan, serta Stadion Maguwoharjo. (Ron)