Bursa MenPANRB Pengganti Tjahjo, Dari Ahmad Basarah hingga Djarot Saiful Hidayat

MUS • Tuesday, 5 Jul 2022 - 12:21 WIB

Jakarta - Posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) yang lowong sepeninggal Tjahjo Kumolo dikabarkan akan diisi oleh kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio mengaku telah mendengar adanya isu rotasi jabatan di lingkup pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Awalnya, pria yang akrab disapa Hensat ini disinggung soal sejumlah nama kader PDI-Perjuangan yang dirumorkan akan mengisi kursi Menpan-RB. Sejumlah nama yang diisukan seperti halnya, Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah hingga mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.

"Kalau menurut saya sih penggantinya banyak lah kalo dari PDI-Perjuangan ya. Bukan hanya Ahmad Basarah dan Djarot, tapi ada juga kepala-kepala daerah kan seperti Olly Dondokambey atau I Wayan koster, atau kader lainnya lah," kata Hensat kepada MNC Portal Indonesia, dikutip Selasa (5/7/2022).

Hensat berpandangan, Megawati Soekaronputri sebagai ketua umum tidak akan pusing untuk mencari kader terbaiknya dalam rangka membantu Presiden menjalankan roda pemerintahan.

Oleh karena itu, ia meyakini nama-nama tersebut sudah disiapkan menggantikan posisi Tjahjo Kumolo di Kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Namun, kata dia, yang perlu dicermati apakah PDI-Perjuangan akan kembali menempatkan kadernya di kursi Menpan-RB atau justru di kementerian lainnya. Sebab, bisa saja formasi kabinet Jokowi bisa akan berubah.

"Kalau siapa yang mau didorong (PDIP) mah gampang. Bahkan, isunya kan katanya ada pak Tito yang mau ngisi Pan-RB. Kader PDIP yang baru akan mengisi posisi Mendagri," pungkasnya.