Moeldoko : Almarhum Tjahjo Kumolo Tokoh yang Fokus Dalam Bekerja

FAZ • Friday, 1 Jul 2022 - 16:23 WIB

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ikut menyambut kedatangan jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, di rumah duka Jl Widya Chandra IV No 22, Jakarta Selatan, Jum'at (1/7). Pada kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015  juga memberikan penghormatan terakhir dan mendoakan almarhum.

Kepada Istri Almarhum Tjahjo Kumolo  yakni Erni Guntari, Moeldoko menyampaikan belasungkawa yang mendalam.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Saya ikut belasungkawa atas wafatnya bapak Tjahjo Kumolo. Saya mendoakan beliau husnul khotimah," tutur Moeldoko.

Moeldoko memandang, almarhum Tjahjo Kumolo adalah sosok tokoh yang selalu menyelesaikan setiap tugas dan tanggungjawabnya. Almarhum, ujar dia, juga telah berhasil melakukan terobosan-terobosan dalam reformasi birokrasi.

"Saya sangat mengenal dekat beliau. Almarhum sosok yang concern terhadap pekerjaannya, pekerja keras, dan sangat menginginkan kualitas aparatur Indonesia berkembang," kata Moeldoko.

Ia juga mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang ramah dan selalu tampil tenang dalam menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya.

"Sangat humble orangnya. Tentunya kita semua kehilangan," tambah Moeldoko.

Seperti diberitakan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo  meninggal dunia, di RS Abdi Waluyo Jakarta, pukul 11.00 WIB, Jum'at (1/7).

Sebelumnya, Mendagri 2014-2019 tersebut menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir, karena mengalami infeksi paru-paru.