Ubah Lidah Buaya jadi Banyak Produk, Gunung Kidul Kini Punya Destinasi Wisata Edukasi

FAZ • Friday, 1 Jul 2022 - 11:13 WIB

Yogyakarta - Tumbuhan lidah buaya memang memiliki banyak manfaat bagi manusia. khasiat tanaman dengan nama latin Aloe vera ini bahkan telah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Salah satu manfaat aloe vera adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Di Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul, Yogyakarta, ada budidaya dan pengembangan produk aloe vera yang berhasil mengubah tanaman lidah buaya menjadi banyak produk.

Awal mengembangkan usaha pada 2014, Alan Efendhi selaku owner UD.Mount Vera Sejati, membeli bibit langsung dari wilayah Sidoharjo sebanyak 500 buah. Bibit tersebut awalnya hanya ditanam di lingkungan rumah sendiri bersama keluarganya. Akhirnya usai memasuki musim panen, lidah buaya tersebut kemudian diolah menjadi minuman kemasan dengan sebutan Nata De Aloevera yang bagus untuk kesehatan.

Hingga saat ini, UD.Mount Vera Sejati memproduksi 100 cup minuman per harinya, dengan omset 30 juta.

"Untuk harga minumannya dari Rp.2.500 hingga Rp.10.000. Gak cuma menjadi minuman kemasan, kita juga mengubah lidah buaya menjadi makanan sampai kosmetik kecantikan," ucap Sumarni selaku UD.Mount Vera Sejati.

Berikut beberapa produk yang dihasilkan dengan mengolah aloe vera. http://vt.tiktok.com/ZSdEMe6Y1/?k=1

Dompet Dhuafa hadir dengan memberikan bantuan 50 bibit aloe vera untuk dibudidayakan oleh ibu-ibu setempat, dengan 1 orang diberikan 50 bibit.

Tak hanya memberikan bibit saja, Dompet Dhuafa pun memberikan pelatihan kepada warga untuk mengolah lidah buaya, membantu per launchingan produk baru, serta memperkenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia terkait budidaya aloe vera di Gunungkidul ini.

UD.Mount Vera Sejati terus memberikan inovasi kepada produknya, salah satunya adalah saat ini sedang mengurus izin dari BPOM untuk skincare, minuman dan makanan serta kosmetik kecantikan.

UD.Mount Vera Sejati pun sudah didukung oleh Dinas budaya dan pariwisata untuk jadi tempat wisata edukasi. UD.Mount Vera Sejati akan memperlihatkan bagaimana mengolah lidah buaya hingga cara menanam dan merawat tanaman lidah buaya. Bibit lidah buaya pun dijual dengan harga mulai dari Rp. 5.000 saja. (Fan)