Sri Sultan HB X Terima Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang

MUS • Wednesday, 29 Jun 2022 - 07:36 WIB

Jakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang Naruhito “The Order of Rising Sun, Gold and Silver Star”, Selasa (28/06) malam di Rumah Dinas Duta Besar Jepang, Jalan Daksa V, Jakarta Selatan. 

Tanda Jasa diserahkan langsung oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Yang Mulia Kanasugi Kenji kepada Sri Sultan yang disaksikan GKR Hemas bersama istri Dubes Madame Kanasugi Yasuko. 

“Kami berharap, penghargaan ini semakin meningkatkan hubungan dan interaksi antar masyarakat Jepang dan Indonesia, selaras dengan saling pengertian antar kedua negara,” ujar Sri Sultan dalam sambutannya.  

Adapun kerja sama persahabatan antara Jepang dan Indonesia telah berlangsung sejak lama. Seperti khususnya kerja sama Pemerintah Daerah DIY dengan Pemerintah Prefektur Kyoto dan Yamanashi.

Disamping juga adanya kerja sama dengan organisasi Jepang seperti JICA, J-CLAIR, Kongres Nara, dan Sumitomo Forestry. 
Dari kerja sama tersebut, telah lahir berbagai implementasi dan inovasi terutama bidang seni budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, pariwisata, dan industri.

Sebagai tindak lanjut, pada tahun 2020 lalu, sedianya akan diselenggarakan peringatan 35 tahun kerjasama DIY-Kyoto di Yogyakarta dan Kyoto. 

“Segala sesuatu akan lebih bermakna apabila dilandasi semangat kerja sama. Pepatah ini selaras dengan nilai moral Golong Gilig, yang melandasi pembangunan DIY, melalui satunya kata dan perbuatan antara pemerintah dan masyarakat,” harap Sri Sultan. (Ron)