Bumi Harus Kita Selamatkan, Ini Pesan Olivia Zaliyanty soal Energi Terbarukan

ANP • Monday, 27 Jun 2022 - 17:35 WIB

JAKARTA - Aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan berkontirbusi besar terhadap pemanasan bumi. Jika dibiarkan, kondisi ini akan mengancam kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. Untuk itu perlu diubah pola pemikiran dan tindakan agar keberlangsungan bumi dapat berlangsung lebih lama.

Pandangan tersebut diungkapkan artis Olivia Zalianty. Menurut Olivia, problem di alam sudah di depan mata. Makanya, menurut publik figur yang sudah lama berkecimpung di industri entertainment ini merasa ikut terpanggil untuk menjaga keberlangsungan alam agar bertahan lebih lama.

"Selama ini, saya concern sekali untuk diskusi yang berkaitan dengan alam," ujarnya dalam bincang santai dengan tema: "Energi Terbarukan untuk Siapa? Kamu Perlu Tahu!", Minggu Sore (26/6/2022).

Aktris cantik berdarah campuran Tionghoa dan Batak tersebut mengaku, Indonesia saat ini sedang menjalani masa transisi dari energi fosil ke energi terbarukan, seperti listrik dan lainnya. Untuk itu, Olive sangat concern tentang langkah apa yang sudah dilakukan.

"Yang menarik adalah apa yang sudah kita lakukan untuk melakukan transisi tersebut. Bisa dimulai dari diri kita. Mulai dari rumah dan mobil sendiri. Dan yang saya lakukan rutin juga menanam pohon. Ditambah regulasi pemerintah untuk uji emisi kendaraan bisa membuat alam bisa diperbaiki," ujarnya.

Olivia Zalianty menggarisbawahi bahwa untuk kelangsungan alam yang lebih lama harus dilakukan dari diri sendiri, mulai dari hal kecil dan sederhana, seperti mematikan AC bila tidak digunakan, membuang sampah pada tempatnya, mematikan lampu yang tidak diperlukan dan hal sederhana lainnya.

"Dan setelah memulai dari prespektif mikro bisa membesar mulai dari tingkat RT, RW hingga ke negara," lanjutnya.

Cara mengajak milenial untuk menjaga keberlangsungan alam menurut Olive cukup mudah. Bisa berkampanye di sosial media pribadi.

"Konten kecil yang bisa mengubah pandangan masyarakat luas. Seperti kita membuang sampah pada tempatnya, saat piknik membersihkan tempat wisata dan lain sebagainya," tandas Olive.

Untuk diketahui, ke depan pemanfaatan energi baru dan terbarukan menjadi kebutuhan, mengingat makin terbatas serta bertambah mahalnya energi fosil. Kecenderungan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi yang mengalami kenaikan menjadi pemikiran bersama untuk mencari energi alternatif.

Melihat masih minimnya masyarakat terutama milenial dan Gen Z terhadap energi terbarukan, Tirta Komunika dan Netralnews.com menyelenggarakan talkshow soal energi terbarukan. Acara ini sepenuhnya mendapat dukungan dari PT Pertamina Geothermal Energy

Netralnews.com yang merupakan media online yang bersertifikasi Dewan Pers yang menggunakan tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris dan Mandarin, memiliki tanggung jawab moral dengan menyelenggarakan even Talkshow dengan para nara sumber Dirjen EBTKE (Kementerian ESDM) yang diwakili oleh Kordinator Keteknikan dan Lingkungan Aneka EBT, Martha Relitha Sibarani, Daniel Purba selaku Senior Vice President Strategy and Investment PT Pertamina (Persero), juga Public Figure, Olivia Zalianty, serta Mister Grand Tourism 2022, Rifky Moor, dan terakhir Miss Grand Tourism Indonesia 2022, Dita Fatimatuzzahra. (ANP)