Sulkarnain Kadir: Kelurahan 'BERSINAR' Persempit Peredaran Narkoba di Kota Kendari 

MUS • Monday, 27 Jun 2022 - 14:11 WIB

Kendari - Membangun kesadaran semua pihak bahwa narkoba adalah barang yang berbahaya bila disalahgunakan terus dikumandangkan oleh Pemerintah Kota Kendari.

Masih adanya ketidakpahaman masyarakat mengenai narkoba dan resiko yang ditumbalkannya dapat menjadi celah para bandar dalam memasarkan dan memasok barang haram dan berbahaya tersebut.

Wali Kota H. Sulkarnain Kadir menyampaikan potensi narkoba di Kota Kendari ada sedikit peningkatan, tapi ini justru sebagai penambah semangat buat pemkot untuk terus berbuat, terus bekerja, mudah-mudahan diwaktu yang akan datang sinergi Pemkot Kendari dalam bentuk menghadirkan kelurahan "Bersinar" Bersih Tanpa Narkoba ini semakin diperluas.
"Kita berharap seluruh kelurahan nantinya bisa kita terapkan, sehingga nantinya peran serta masyarakat untuk melaporkan, untuk menyampaikan situasi apa yang terjadi di lingkungannnya itu bisa semakin luas sehingga kalau ini bisa tercipta ini semakin mempersempit ruang gerak para pelaku dan pengedar," harap Walikota saat wawancara dengan sejumlah awak media usai peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2022, di Rujab Walikota, Senin (27/6/2022).

Menurut Sulkarnain, Kewaspadaan terhadap peredaran Narkoba itu perlu diwaspadai disemua kelurahan yang ada di kota Kendari.
Menurutnya, kalau kita tidak menghadirkan kewaspadaan, maka jangan sampai kita lengah dan kemudian ternyata kita hanya melihat dipermukaan, karena kasus narkoba ini seperti gunung es yang kita lihat hanya di atas saja, sementara boleh jadi yang terjadi sesungguhnya jauh dari data yang kita punya. 
"Oleh karena itu, kalau saya tidak mau lengah, tidak hanya 16 kelurahan itu, tapi seluruh kelurahan harus waspada, harus kita pandang sebagai daerah yang rawan , karena kalau dengan begitu kewaspadaan kita meningkat. Tapi kalau kita hanya fokus di satu dua titik, khawatir malah yang inikan diumumkan didengar oleh para pelaku nanti mereka ooh...kita dijaga di 16 kelurahan itu, berarti kita bergerak ke yang lain. Kalau saya 65 kelurahan harus kita waspadai." Ungkapnya.

Terkait Narkoba menyasar yang sejumlah ASN, Walikota sudah menyiapkan Langkat pencegahannya.

"Kita rutin melakukan tes urine secara periodik, terus kemudian kita ukur kinerjanya, kan kelihatan kalau yang pemakai pasti kinerjanya terganggu itu yang menjadi salah satu upaya kita, kemudian memastikan bagi lingkungan kita, kan norkoba ini tidak memilih merek dari sisi usia, profesi, semuanya berpotensi terpapar kalau tidak dikawal diberikan pendampinggan dan seterusnya," terang Sulkarnain Kadir.

Mengenai sanksi yang diberikan kepada ASN yang terbukti mengunakan Narkoba Walikota menegaskan pemecatan sanksinya.

"Sanksi sesuai undang-undang, kalau terbukti sanksi tegasnya yah pemecatan," tegasnya.

Di momentum peringatan hari HANI tahun 2022 pencegahan dan penyuluhan serta informasi kepada semua kalangan mengenai bahaya peredaran gelap dan penyalagunaan narkoba harus masif dilakukan. Strategi yang sifatnya edukatif harus direncanakan, diadakan, dan dilaksanakan secara intensif guna menghasilkan kehidupan sosial yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. tentunya dengan cara kerja cepat dan kerja hebat.

Kerja cepat dan kerja hebat dalam memberantas narkoba harus dilakukan dengan melakukan tindakan preventif dan edukatif, yakni sedari awal harus memberikan edukasi tentang bahaya narkoba terhadap anak usia dini, memberikan nilai-nilai keaagamaan agar dapat membedakan mana tindakan yang baik dana mana tindakan yang buruk. Selain itu dengan menjalin kesepahaman dengan semua elemen, melakukan kerjasama baik dalam proses ketika direncanakan, diadakan dan ketika dilaksanakan.

Disamping itu, melakukan tindakan hukum terhadap para bandar narkoba sangat penting untuk memberikan efek jera terhadap para pelaku narkoba, terutama terhadap orang-orang yang terlibat dalam mendukung peredaran narkoba, karena akan sangat percuma apabila dalam proses penindakan hukum hanya diberikan pada satu objek saja (pelaku) tanpa memberikan hukuman bagi orang yang terlibat dalam mendukung peredaran narkoba.

Pemberantasan narkoba di Indonesia akan tercapai manakala kerja cepat dan kerja hebat dalam penanggulan narkoba terealisaikan dengan baik dan nyata. Harapan Indonesia bersinar (bersih narkoba) akan nyata jika kita sama-sama bahu membahu, saling mendukung, serta berkomitmen dalam melawan dan memberantas narkoba di Indonesia. (HenQ)