Gekrafs dan Kemenparekraf Sepakat Bentuk Komite Bersama Hari Ekonomi Kreatif Nasional

MUS • Tuesday, 21 Jun 2022 - 21:41 WIB

Jakarta – Komite Hari Ekonomi Kreatif Nasional DPP Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) melaksanakan audiensi dengan Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) Muhammad Neil El Hima, Senin (20/6). 

Inisiasi tersebut mendapat respons yang baik dan akan diteruskan dengan melibatkan semua unsur, baik 17 sektor pelaku ekraf, komunitas, akademisi, legislatif, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat.

Pertemuan ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari dukungan Komisi X DPR RI dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi saat Sandiaga Uno beberapa waktu lalu, dalam Rapat Kerja bersama komisi X DPR RI dalam mencanangkan Hari Ekonomi Kreatif. 

“Alhamdulilah Kemenparekraf menyambut baik rencana besar ini, dan siap berkolaborAKSI bersama sama dan ini sebuah kehormatan besar bagi Gekrafs untuk menancapkan legacy bagi para pelaku ekraf lewat pengusulan Hekrafnas “Hari Ekonomi Kreatif Nasional“. Bismillah, mohon doanya semua, waktu begitu singkat namun perjalanan masih panjang tapi langkah kaki harus lebih cepat untuk menuju tujuan. InsyaAllah kerja keras tak akan mengkhianati hasil," ujar Ketua Komite Harkrafnas, Ferry Ardiansyah, Senin (20/6).

Sandiaga Uno yang ditemui dalam kesempatan berbeda di Gedung Sapta Pesona, mendukung proses yang terus diperjuangkan oleh teman-teman dari Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional, yang rencana akan dilaunching pada Oktober mendatang di Bali.

Senada dengan Menparekraf, Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian mengatakan, "Dengan adanya Komite bersama untuk Hari Ekonomi Kreatif Nasional (Hekrafnas) ini, tentu diharapkan akan mengoptimalkan semua proses dalam waktu yang singkat. Apresiasi tak henti untuk teman-teman di Kemenparekraf dan Komisi X DPR-RI itikad bersama untuk pelaku ekraf ini bukan hanya akan menghadirkan legacy tapi bentuk nyata apresiasi bagi seluruh pelaku ekraf di Tanah Air".

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) adalah wadah independen untuk pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekjen DPP Gekrafs, Yanti Adeni, dan Ketua Harian DPP Gekrafs, Temi Sumarlin beserta jajaran komite. Harkrafnas ini diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi para pelaku ekraf untuk bangkit pasca-pandemi.