Tingkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Aleg Perempuan, Fraksi PKS DPR Gelar Bimtek Perempuan PKS se-Indonesia

MUS • Tuesday, 21 Jun 2022 - 20:05 WIB

Jakarta - Fraksi PKS DPR RI akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perempuan PKS se-Indonesia dengan Tema ‘Strategi Transformasi, Kolaboratif dan Kontributif Aleg Perempuan PKS se- Indonesia, di Hotel Milenium, Jakarta Pusat, Rabu-Sabtu, (22-25/06/2022).

Acara akan dihadiri seluruh Anggota Legislatif FPKS dari pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota Perempuan seluruh Indonesia.

Ketua Pelaksana Bimtek Perempuan PKS se-Indonesia, Saadiah Uluputty mengatakan tujuan diadakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, kapasitas dan kapabilitas Anggota legislative perempuan seluruh Indonesia guna mendukung optimalisasi pelaksanaan fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan.

“Hadirnya perempuan di Parlemen sebagai representasi dari suara rakyat dan menjadi etalase partai, haruslah mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara baik sesuai amanah yang diembannya,” ungkap Anggota Komisi IV DPR RI ini.

Peningkatan kapasitas bagi kader perempuan melalui upaya pendidikan politik bagi kader perempuan PKS, imbuh Saadiah, harus terus dilanjutkan bahkan setelah terpilih menjadi Anggota Legislatif (Aleg) Fraksi.

“Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Tujuannya adalah untuk menjadikan anggota legislatif perempuan semakin memadai dalam mengemban misi sebagai Wakil Rakyat,” ujar Anggota DPR Dapil Maluku ini.

Tak hanya itu, kata Saadiah, Bimtek juga bertujuan dalam menguatkan kemampuan komunikasi parlementer dan komunikasi publik untuk meningkatkan efektivitas penyampaian aspirasi rakyat, dan hasil pengawasan baik kepada sesama anggota legislatif, pihak pemerintah, maupun kepada konstituen.

“Membekali Anggota DPRD Perempuan PKS dengan materi pemenangan menghadapi Pemilu 2024,” ujar Saadiah.

Sebagai informasi, Kegiatan Bimtek Aleg Perempuan se Indonesia akan berlangsung mulai tanggal 22 s.d 25 Juni 2022. Pembukaan akan dilakukan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua FPKS DPR RI Jazuli Juwaini. 

Adapun materi pembekalan akan disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik, Pakar Komunikasi Politik Dosen UIN Jakarta Gun Gun Heryanto, CIO and Senior Advisor Citra Inspira Dian Anggraini Umar.