UMKM Kuat, Kamrussamad Optimis Ekonomi Pulih

AKM • Tuesday, 21 Jun 2022 - 10:31 WIB

Jakarta - Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Gerindra Kamrussamad menyatakan bahwa Pemulihan ekonomi nasional harus dimulai dari upaya pemulihan terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

“Saat pandemi, yang paling terpukul adalah sektor UMKM. Karena itu, pemulihan ekonomi nasional harus dimulai dari pemulihan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” ujarnya pada saat peresmian Kedai Soto Bangkingan, Surabaya, beberapa waktu lalu.

Menurut Kamrussamad, Ekonomi tidak mungkin pulih  tanpa UMKM yang kuat  dan sehat.

“ Sebab, ekonomi kita tidak mungkin bisa pulih kalau tidak segera memulihkan UMKM-nya, karena lebih dari 90 persen pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM,” jelas Kamrussamad.

Kamrussamad mengungkapkan, pembukaan Kedai SOTO Bangkingan Surabaya, yang dirintis Mas Agus Sarwanta, Sekum HIPKA Jawa Timur, patut diapresiasi. 

“Selain menggerakan roda ekonomi, pembukaan Kedai Soto ini juga menambah lapangan kerja baru,” tambahnya.

kamrussamad menegaskan, pada masa pandemj, banyak sektor UMKM yang terguncang, sehingga Kreativitas bisnis dan manajemen internal menjadi kunci daya tahan usaha.

"Di masa pandemi banyak sektor UMKM yang terguncang. Kreativitas bisnis dan manajemen internal menjadi kunci daya tahan usaha. Pembukaan Kedai Soto Bangkingan Surabaya Mas Agus cabang ke-2 ini menandai bahwa UMKM kini bisa bangkit dan menjadi motor Pemulihan Ekonomi Nasional,” tandas Kamrussamad.