Sukses Gelar Pelatihan, Smartlink Jadi Andalan Aplikasi Pengusaha Laundry

ANP • Sunday, 19 Jun 2022 - 13:33 WIB

MALANG - Smartlink sebagai aplikasi Android yang dibuat khusus untuk membantu pengusaha laundry, menyelenggarakan Seminar Nasional Pelatihan dan Edukasi Aplikasi Manajemen Laundry (Smartlink). Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2022 di Hotel Atria Malang.

Kegiatan ini dipersembahkan oleh Smartlink dan IKAWIGA, didukung oleh Projo dan disponsori oleh Bank Mandiri. Sebanyak 50 Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan seminar. Para peserta yang hadir meliputi berbagai daerah di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Malang, Surabaya, Blitar, Kediri, Tulungagung, Jember.

 

 

H. Moh. Supriyadi, ST., MT., selaku Ketua IKAWIGA saat memberi sambutan pada Seminar Nasional Pelatihan dan Edukasi Aplikasi Manajemen Laundry (Smartlink), Sabtu (18/6/2022)

H. Moh. Supriyadi, ST., MT., selaku Ketua IKAWIGA (Ikatan Alumni Universitas Widyagama Malang, menyampaikan seminar ini akan berperan penting dalam kemajuan bisnis laundry. Selain itu bisnis laundry menjadi peluang bagi masyarakat. Namun, dibutuhkan pula laundry dengan inovasi baru di era digital. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memiliki aplikasi pengelola laundry yang tepat.

“Laundry menjadi usaha yang sangat menjanjikan, Jangan menganggap remeh laundry. Banyak perusahaan besar di Indonesia yang ternyata memiliki usaha laundry,” tegasnya.

Selain itu, Dr. Ana Sopanah SE, M.Si., Ak.,CA., CMA. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Widyagama Malang, memaparkan poin penting sebelum memulai bisnis. Seorang pengusaha haruslah membangun jiwa sebagai pengusaha sukses. Di mana seorang pengusaha dibutuhkan jiwa yang inovatif dan pantang menyerah.

“Sebelum menjadi pengusaha, kita harus membangun kiat sebagai sosok pengusaha sukses. Pengusaha sukses adalah pengusaha yang selalu punya ide untuk mengembangkan dirinya dengan kreativitas dan inovasi. Kreatif dari belum ada menjadi ada. Inovasi dari ada di kembangkan menjadi lebih baik,” ungkap Dr. Ana Sopanah.

Sedangkan, Zulkarnain SH., MH., selaku Kaprodi FH Universitas Widyagama Malang. Beliau membawakan materi legalitas usaha, yaitu membantu para pengusaha laundry dalam mengoperasikan bisnisnya secara hukum.

Seminar turut mengadakan demo aplikasi dan praktik langsung aplikasi Smartlink. Para peserta memperoleh pelatihan cara mengoperasikan aplikasi Smartlink dan berkenalan dengan fitur yang disediakan oleh smartlink.

Elvira Apriani sebagai Marketing Smartlink menjelaskan tentang prospek usaha laundry dan masalah yang mungkin dihadapi oleh pengusaha laundry.

“Smartlink hadir untuk membantu pengusaha laundry dalam menyelesaikan masalah operasional laundry,” tegas Elvira.

Smartlink hadir dengan fitur andalannya, mulai dari Kasir, Kurir, Produksi, hingga Akuntansi, semuanya dapat dikelola dengan lebih mudah dan efisien.

Ada berbagai keunggulan yang dimiliki Smartlink, antara lain

  1. ​​Terintegrasi Dalam Satu Sistem

Anda dapat mengelola banyak outlet, kasir, kurir, serta produksi tanpa perlu dipusingkan dengan rekonsiliasi data.

  1. Pantau Keuangan Dengan Mudah

Tak perlu mencari akuntan professional, Smartlink telah menerapkan sistem akuntansi yang sesuai standar untuk menangani keuangan usaha Anda,

  1. Nota Digital & Otomatis

Nota konsumen dapat berbentuk digital, bisa dikirim melalui SMS atau WhatsApp secara otomatis. Tanpa perlu membuka aplikasinya secara manual satu persatu.

  1. Bisa Digunakan Offline

Anda tetap dapat melakukan penerimaan order dan mencatatnya dalam aplikasi, meskipun tidak ada jaringan internet.

  1. Support Laundry Jenis Apapun

Mulai dari laundry konvensional, sepatu, apparel, hotel, hingga laundry koin semua bisa menggunakan Smartlink.

  1. Dukungan Aplikasi 24/7

Anda akan mendapatkan support secara penuh ketika mengalami kendala dalam menggunakan Smartlink.

 

Selain itu Smartlink (smartlink.id) memiliki beberapa aplikasi andalan para owner laundry, antara lain:

  1. Smart Owner

Aplikasi yang digunakan oleh pemilik usaha, untuk mengatur dan membaca laporan kegiatan usaha laundry dan fitur lainnya.

  1. Smartlink Kasir

Aplikasi yang digunakan oleh Kasir, untuk melakukan kegiatan operasional transaksi di outlet.

  1. Smartlink Produksi

Aplikasi yang digunakan karyawan bagian produksi, untuk mencatat setiap pekerjaan dan dapat menghitung komisi pekerjaan.

  1. Smart Investor

Aplikasi yang digunakan Investor untuk memantau pendapatan laundry secara real-time, transaksi yang terjadi di outlet, serta informasi pengeluaran di outlet. (ANP)