Tanya Dokter di Aplikasi SehatQ dan Tips Pulihkan Kondisi Tubuh

ANP • Saturday, 18 Jun 2022 - 11:29 WIB

JAKARTA - Ketika Anda mulai merasa tidak enak badan, berbagai cara mungkin segera Anda lakukan agar kondisi tersebut tidak bertambah parah dan mengganggu aktivitas. Berbagai kiat untuk pulih pun dicari agar kondisi badan bisa segera membaik.

Cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh yang sedang sakit sebenarnya adalah bertanya dahulu ke ahlinya mengenai kondisi tubuh Anda. Untuk hal ini, Anda bisa tanya dokter di aplikasi SehatQ, melalui fitur Chat Dokter ataupun lewat Forum.

Jika sudah mendapatkan saran dari dokter profesional, Anda bisa segera mengikutinya untuk memperbaiki kondisi tubuh yang sedang tidak prima. Di mana kebanyakan saran dari dokter tidak jauh-jauh dari tips di bawah ini.

Ambil Waktu Istirahat Lebih Banyak

Istirahat adalah jawaban terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh secara lebih cepat, apapun rasa tidak nyaman yang sedang menghinggapi Anda. Soalnya ketika beristirahat, regenerasi sel terjadi dengan cepat dan metabolisme tubuh pun meningkat. Hal inilah yang membuat pemulihan tubuh menjadi lebih cepat terwujud. Tidak jarang jika Anda pergi ke klinik atau tanya dokter di aplikasi SehatQ, saran yang selalu Anda untu memulihkan kondisi tubuh adalah memperbanyak waktu istirahat.

Tetap Terhidrasi

Tubuh yang terhidrasi dengan baik bisa mengurangi peradangan yang menjadi penyebab rasa tidak enak bada yang Anda keluhkan. Sebaliknya ketika Anda malas minum dan tubuh kurang terhidrasi, peradangan yang memicu rasa sakit bisa bertambah parah dan menyiksa. Sebaiknya ketika sedang tidak sakit ataupun saat sedang tidak enak badan, tetaplah minum air putih di kiaran 8—10 gelas dalam sehari. Jika suhu tubuh tinggi, minum lebih banyak air sangat direkomendasikan.

Minum Obat Sesuai Anjuran

Ketika sakit, tentu saja mesti minum obat yang sesuai untuk mempercepat pemulihan kondisi tubuh, bukan? Hal ini tidak salah, namun pastikan obat yang Anda konsumsi sudah lebih dahulu dikonsultasikan kepada dokter. Alih-alih sembarangan membeli obat hanya bermodal testimony orang lain, lebih baik jika Anda tanya dokter di aplikasi SehatQ untuk memperoleh obat yang tepat dan sesuai anjuran. Yang perlu diingat, obat untuk satu orang dengan orang yang lain tidak bisa disamakan, meskipun ciri-ciri rasa sakit yang Anda rasakan mungkin mirip. Bisa saja ada perbedaan dosis berdasarkan kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan maupun tingkatan gejala yang Anda alami.

 Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan adalah obat alami untuk mengatasi beragam penyakit. Lewat makanan bergizi saja, misalnya, imunitas tubuh akan terbentuk dan meningkat sehingga mampu melawan berbagai infeksi yang mungkin menjadi penyebab rasa tidak enak badan yang mengganggu Anda. Pengonsumsian protein tinggi sekaligus memperbanyak asupan buah dan sayur yang kaya antioksidan cenderung lebih banyak disarankan oleh berbagai pihak, tidak terkecuali oleh para dokter, ketika seseorang sedang sakit. Bagaiamapun, makanan bergizi inilah yang dapat menjadi amunisi perang melawan berbagai infeksi maupun peradangan di tubuh.

Berolahraga Sesuai Kemampuan

Apakah ketika sedang tidak enak badan artinya tidak boleh berolahraga dan hanya bisa berbaring di kasur? Pemikiran tersebut cukup salah kaprah dan justru bisa menghambat pemulihan tubuh. Olahraga merupakan salah satu cara yang baik untuk memperbaiki stamina, khususnya ketika habis sakit. Olahraga bisa memperlancar aliran dan oksigen di tubuh sehingga fungsi berbagai organ tubuh pun menjadi lebih optimal dan terjaga. Hal inilah yang membuat tubuh Anda menjadi lebih segar pasca berolaraga. Tapi ingat, batasi olahraga Anda ketika sedang tidak enak badan. Cukup lakukan olahraga ringan yang tidak terlalu membebani tubuh.

Di Rumah Saja Lebih Baik

Sebaiknya Anda tidak keluyuran ke luar rumah jika merasa tidak enak badan. Pasalnya, kondisi badan yang tidak prima menunjukkan imunitas tubuh yang sedang melemah. Risiko terinfeksi virus dan bakteri lain ketika memilih keluar rumah menjadi lebih besar dengan daya tahan tubuh yang tidak maksimal. Memilih diam di rumah saja ketika sedang tidak enak badan juga menjadi cara untuk menghindari penyebaran penyakit yang mungkin saja Anda tularkan ke orang lain.

Memilih tanya dokter di aplikasi SehatQ akan membuat Anda lebih percaya diri menghadapi rasa tidak enak badan yang tengah Anda keluhkan. Bagaimanapun, saran dari dokter lebih bisa dipercaya karena mereka adalah orang-orang profesional yang sudah menekuni dunia kesehatan secara ilmiah, bukan? (ANP)