Survei LSJ: Prabowo Raih Elektabilitas Tertinggi 

MUS • Friday, 17 Jun 2022 - 15:31 WIB

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon presiden (Capres) yang memiliki tingkat popularitas tertinggi pada Pemilu 2024.

Popularitas Menteri Pertahanan (Menhan) itu mencapai 97,6%. Angka tersebut merupakan hasil survei yang dirilis oleh Lembaga Survei Jakarta (LSJ) tentang Pemilihan Presiden 2024 yang digelar secara virtual, Jumat (17/6/2022). 

"Temuan LSJ kali ini memperlihatkan bahwa Prabowo Subianto itu masih jadi kandidat capres yang paling populer atau banyak dikenal publik dibanding tokoh-tokoh lain," tutur Peneliti Senior LSJ Fetra Adrianto. 

Di bawah Prabowo, ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan tingkat popularitas sebesar 92%. 

Di posisi ketiga, ada Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta dengan persentase 91,8%. 

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ada di posisi keempat dengan skor 90%. Terpaut 0,6% ada eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan persentase sebesar 89,4%. 

"Data ini menunjukkan bahwa tokoh-tokoh yang pernah mengikuti kontesrasi Pilpres dan Pilkada itu cenderung mendapat popularitas yang tinggi," jelasnya. 

Survei nasional LSJ kali ini dilaksanakan pada 28 Mei hingga 6 Juni 2022 di 34 provinsi Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh calon pemilih dalam Pemilu 2024 atau berusia 16 tahun ke atas. 

Jumlah sampel sebesar 1.450 responden yang diperoleh melalui teknik multi-stage random sampling. Margin of error yang ditetapkan sebesar kurang lebih 2,57% dengan level of confidence 95%. Pengumpulan data dilakukan secara tatap muka dengan seluruh responden yang dipandu dengan kuesioner.