Isu Reshuffle Hari ini, Jokowi akan Lantik 2 Menteri dan 3 Wamen

MUS • Wednesday, 15 Jun 2022 - 07:53 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada hari ini, Rabu (15/6/2022). Ada sejumlah menteri yang digeser dalam kocok ulang kabinet kali ini.

Sumber yang dikutip Okezone menyebutkan, Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi menjadi sosok yang akan digantikan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan.

BACA JUGA: Isu Reshuffle Makin Santer, 5 Menteri ini Dipanggil Jokowi

Nama lain yang akan diganti adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. Posisinya dikabarkan akan digantikan mantan Panglima TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Selain pergantian menteri, dikabarkan posisi wakil menteri juga ada yang digeser. Ada 3 wamen yang informasinya akan diganti.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menekankan segala keputusan mengenai kabinet merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut menanggapi isu reshuffle yang santer terdengar belakangan ini.

"Pokoknya itu kewenangan sepenuhnya presiden, maunya kapan, orangnya ada di mana, partainya apa, kebutuhannya apa presiden yang tahu," ujar Pramono kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6/2022).