Menko Luhut Perintahkan Segera Hapus Minyak Goreng Curah

MUS • Tuesday, 14 Jun 2022 - 12:21 WIB

Jakarta - Pemerintah bakal menghapus minyak goreng curah dan secara bertahap akan diganti dengan minyak goreng kemasan.

Menko Maritim dan Investasi (MenkoMarves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan minyak goreng curah dihapus kurang higienis.

“Kami minta secara bertahap tidak ada lagi minyak curah. Jadi, sekarang kemasan semua, karena minyak goreng curah itu kurang higienis," kata Menko Luhut saat konferensi pers Business Matching Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) di Kuta, Dikutip Selasa (14/6/2022).

Menurut Luhut, pemerintah tengah mendorong pengusaha untuk menyiapkan minyak goreng kemasan dengan harga tetap.

"Jadi, kita minta nanti secara bertahap tidak ada lagi (minyak goreng) curah. Jadi, sekarang kemasan semua, Itu yang sedang kita kerjakan dan banyak pengusaha itu akan melakukan ke sana dengan harga tetap," lanjutnya.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional sejak diambil kebijakan penghentian DMO (Domestic Market Obligation) dan diterapkan subsidi minyak goreng 16 Maret 2022, pemerintah berhasil mengurangi kelangkaan minyak goreng khususnya minyak goreng kemasan.

Meski begitu, wacana penghapusan minyak goreng curah sebetulnya bukan hal baru dicanangkan. Tahun lalu Kementerian Perdagangan pernah menyampaikan bakal menghapus minyak goreng curah mulai 1 Januari 2022. Namun, kebijakan itu dibatalkan.

"Kita berharap harga normal (minyak goreng curah). Ini sekarang kan sudah berjalan. Tidak bisa juga terus begini," pungkas Luhut.