Kasus Covid-19 Naik Lagi, Pemerintah Tak Akan Paksa Masyarakat Pakai Masker di Ruang Terbuka

MUS • Tuesday, 14 Jun 2022 - 12:19 WIB

Jakarta - Kasus Covid-19 di Tanah Air kembali menunjukkan tren peningkatan setelah masuknya Omicron varian BA.4 dan BA.5. Hasil monitoring sementara, terjadi kenaikan kasus positif Covid-19 di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Bali akibat kemunculan varian BA.4 dan BA.5.

Meski ada peningkatan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kebijakan pelonggaran pemakaian masker tetap diterapkan.Menkes menyebut, masyarakat tetap boleh melepas masker saat berada di luar ruangan atau ruang terbuka.

"Kita tetap dengan rekomendasi sebelumnya, bahwa untuk di luar ruangan teman-teman dibebaskan tidak menggunakan masker," ujar Menkes Budi dalam konferensi pers Update PPKM, baru-baru ini.

Menkes menegaskan pihaknya tak akan memaksa warga untuk menggunakan masker. Pasalnya, ia meyakini masyarakat sudah mampu mengetahui kapan harus menggunakan masker. 

"Terpenting itu kontrol diri, jadi protokol kesehatan itu jadi kebiasaan masing-masing masyarakat,” katanya.

Meski begitu, Budi Gunadi tetap menyarankan masyarakat memakai masker jika di luar ruangan yang berkerumun banyak orang atau ada yang sakit.

"Tapi kalau di luar ruangan padat sekali, ada yang batuk-batuk, kita sendiri yang merasa tidak sehat, silakan memakai masker," lanjut Menkes Budi.