Alasan Selebritas Gunakan NFT

ANP • Tuesday, 14 Jun 2022 - 10:52 WIB

JAKARTA - NFT atau Non Fungibe Token mulai membuat heboh masyarakat Indonesia setelah munculnya berita akun Ghozali Evereryday yang sukses menjual berbagai foto wajahnya dengan harga milyaran rupiah. Momentum itulah yang membuat kini banyak selebriti Indonesia mencoba peruntungan di dunia crypto.

Sekarang ini banyak artis yang sudah mulai menggeluti sektor bisnis Non-Fungible Token (NFT). Para ahli percaya bahwa ini adalah strategi untuk mempromosikan pengembang untuk mempopulerkan NFT. Bahkan seorang pengamat budaya dan komunikasi digital dari Universitas Indonesia Firman Kurniawan mengatakan, hal ini terkait dengan karakter seniman yang kerap menjadi tolak ukur masyarakat luas.

Tak dapat dipungkiri dan sesuai fakta bahwa artis merupakan profesi yang banyak di dekati oleh marketplace untuk memperkenalkan produk NFT sebagai aset crypto kepada masyarakat. Tak hanya itu, NFT juga mampu memancing perhatian masyarakat untuk melihat aset digital sebagai peluang investasi.

Salah satu faktor yang menarik NFT adalah akses yang relatif mudah bagi pengguna dan pembuat konten, yang cukup untuk mengakses jaringan digital di ekosistem NFT. Bahkan sekarang ini banyak orang yang tidak ragu menjual aset digital dalam bentuk NFT.

Bahkan dalam beberapa pantauan pada aplikasi jual beli bitcoin terdapat beberapa aset digital tersebut diunggah ke dalam situs trading aset digital, seperti  OpenSea. Mulai dengan KTP yang dilengkapi dengan foto selfie pengguna, dan foto loker jadul juga dijual secara digital.

Bahkan banyak selebriti Indonesia sekarang ini yang menjual aset digital secara NFT. Tetapi sebelum mengetahui siapa saja artis yang terjun menggunakan NFT maka, sebaiknya kamu harus mengetahui pengertian dari NFT tersebut.

Mengenal Apa Itu NFT

Mudahnya, Non-Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang satu-satunya dimiliki oleh seseorang. Sebagian besar NFT menggunakan teknologi blockchain ethereum untuk merekam transaksi di dalamnya. NFT mewakili barang berharga atau unik dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti.

Sementara itu, apa saja barang yang bisa dijual dalam bentuk NFT ? beberapa barang berbentuk karya seni seperti set game, foto, video, music, bahkan kamu juga bisa mengubah aset dokumen menjadi NFT. Sedangkan terkait dengan harga jual hal tersebut tergantung dari hal subjektif seperti kualitas, kreativitas, dan reputasi dari seniman.

Sehingga tak heran jika sekarang ini NFT menjadi platform baru untuk media koleksi digital. Di mana NFT bisa menjadi sarana untuk mendukung para seniman seperti artis, musisi dan atlet. NFT menawarkan imbalan besar bagi para seniman, musisi, kreator dan influencer dari investor yang bersedia untuk membayar aset NFT mereka.

Selebritas  Indonesia dan NFT

Kehebohan viralnya Ghozali Everyday, banyak warganet yang penasaran dengan NFT atau Non-Fungiable Token. Ghozali terkenal karena berhasil menjual foto selfie dirinya dalam bentuk NFT. Lewat karya uniknya itu, kini ia mengantongi miliaran rupiah. Sejak saat itu, NFT semakin banyak dibicarakan. NFT merupakan token digital yang terhubung ke blockchain. Tidak jauh berbeda dengan mata uang kripto. NFT dapat berbentuk foto, video, game, dan karya-karya digital lainnya.

Aset NFT berbeda dari aset investasi karena tidak menghasilkan cashflow. Dikutip dari Big Alpha, satu-satunya cara agar dapat menghasilkan penghasilan adalah dengan menjualnya ke pihak lain dengan harga yang lebih tinggi. Sehingga, NFT tidak dapat dipertukarkan, melainkan dengan menjualnya.

Nah di Indonesia beberapa artis pun telah memiliki aset digital berbentuk NFT. Belakangan mereka menjual karya dan membangun bisnis di NFT. Penasaran siapa saja artis  yang terjun ke dunia NFT?

1. Anang Hermansyah.

Tertarik dengan bisnis NFT, Anang Hermansyah dan Ashanty merilis token kripto bernama ASIX ke pasar NFT. Token kripto yang dikembangkan Anang dan keluarga bersama MC Basyar, SEO IDM Token, ludes terjual saat pertama rilis secara terbatas pada 27 Januari lalu.

Tidak hanya karya, ASIX memungkinkan pengguna memainkan game Pay to Earn (P2E). Diketahui Ariel 'NOAH' dan Judika ikut meramaikan ASIX dengan membeli masing-masing 1 miliar token ASIX.

2. Luna Maya.

Luna Maya turut merilis NFT berupa karya digital secara terbatas, hanya 10 item pada Juni 2021 lalu. Karya digital orisinal miliknya diproduksi oleh Tokau, perusahaan yang berpengalaman membuat karya NFT untuk para artis Jepang.

Artis kelahiran 1983 ini memasarkan karyanya ke platform NFT Bakery Swap. Dalam kesempatan ini, Luna juga didukung oleh Gushcloud Internasional.

3. Syahrini.

Penyanyi yang mendapat julukan Inces Syahrini ini merilis NFT berjudul 'Syahrini's Metaverse Tour' pada 14 Desember 2021. Karya seni digitalnya ini berupa avatar yang bergambar dirinya. Avatar dirinya ini juga dapat digunakan di Metaverse, dunia digital 3D yang dikembangkan oleh Meta.

Dilansir dari Instagramnya, avatar tersebut merupakan hasil kerja sama Syahrini dengan PT Anak Gaul Jaksel dan NFT Kings Pro. NFT tersebut dijual lewat salah satu platform jual beli Binance dengan harga persatuan sekitar 20 Binance USD atau sekitar Rp286 ribu. Telah terjual sebanyak 17.800 buah, karya digital Syahrini didapuk sebagai NFT hijab pertama di dunia

4. Reza Arap.

Influencer dan musisi Reza Arap pertama kali merilis produk NFT, yakni Rezarap Smoking Kills, Rezarap -2016, dan Rezarap Purple Pacifier. Ia memasarkan karya digitalnya tersebut melalui salah satu platform NFT, OpenSea. Ketiga produknya berhasil terjual senilai 0,5 ETH per karya, atau sekitar Rp22 juta.

Reza Arap memang dikenal aktif dalam dunia NFT. Diketahui, YouTuber ini juga meramaikan pasar NFT, seperti membeli foto selfie Ghozali Everyday senilai Rp18,6 juta.

5. Arnold Poernomo.

Arnold Poernomo sendiri sudah aktif dalam dunia NFT. Tidak jarang cuitannya di Twitter @ArnoldPoernomo membahas karya-karya NFT yang dibelinya.

Pria yang kerap disapa Chef Arnold ini akan berkolaborasi bersama TokoMall untuk menjual karya NFT. TokoMall memiliki Tokocrypto sebagai platform jual-beli NFT.

6. Ananda Sukarlan.

Ananda Sukarlan menjadi musisi yang mendaftarkan karya NFT miliknya. Komposer tersebut diketahui menjual dua musik digital NFT, 'Rapsodia Nusantara No. 35' dan 'Piano Solo versi Pergi Belajar' dari Ibu Sud. Keduanya berhasil terjual sekitar Rp1 miliar.

7. Ridwan Kamil

Tokoh populer lainnya yang terjun ke dunia NFT adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Belum lama ini, Ridwan membantu menjual karya lukisan milik salah satu seniman yang biasa berkarya di Jalan Braga, Bandung di platform OpenSea. Di sana, lukisan tersebut berhasil terjual seharga 0,09 ETH atau sekitar Rp4,2 juta.

Ke depannya, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut berencana untuk membuat akun di salah satu platform NFT, demi menjual berbagai karya digital para seniman di Jawa Barat secara kolektif. Hal ini dilakukan untuk memberikan nilai lebih kepada seniman Jawa Barat agar bisa berkembang.

Tertarik berinvestasi dan trading aset crypto secara mudah? Aplikasi Pintu mungkin bisa membantumu!

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. (ANP)