Menjadi Mata bagi Orang Buta, dalam See for Me

MUS • Monday, 13 Jun 2022 - 08:37 WIB

Genre Film: Thriller
Sutradara: Randall Okita 
Pemeran: Skyler Davenport, Natalie Brown, Matthew Gouveia, Laura Vandervoort, Keaton Kaplan, Jessica Parker Kennedy, George Tchortov
Durasi: 1,5 jam
PH: Wildling Pictures

Menjadi atlet paralimpik yang sudah menyerah, tidaklah mudah. Dalam "See For Me", kita diajak menjalani kehidupan Sophie, mantan atlet ski buta, yang sudah menyerah meski usianya masih memadai. 

Dia mengalami krisis, kemurungan, ditambah tuntutan sang ibu, yang terus ingin membantunya melewati masa-masa sulit secara psikologis. 

Sophie menjalani pekerjaan yang tampaknya bisa menghasilkan uang tip yang banyak, yaitu menjaga rumah. Meski buta, Sophie sangatlah mahir dan percaya diri saat berjalan. 

Namun situasi kebatinannya membuat Sophie tidak ceria dan agak pemarah. Sophie memperlihatkannya saat perjalanan menuju tempat bekerjanya, menjaga rumah mewah di tempat terpencil.

Dia bersedia mengasuh kucing sekaligus menjaga kediaman kosong yang menyimpan berbagai barang berharga. 

Dibantu rekannya, Sophie menjelajahi tempat yang memakai sistem keamanan otomatis. Tetapi rupanya Sophie menunjukkan itikad kurang terpuji. Dia mencuri benda mahal, dengan alasan, tak mungkin ada yang menuduh si buta sebagai pencuri bukan?

Tak setuju dengan perbuatannya, Sophie pun berkonflik dengan rekan yang selama ini menjadi pengganti matanya. Dia kini mengandalkan aplikasi bernama See For Me, yang berisi users penolong orang buta. 

Tak disangka, tiga pencuri sedang mengincar rumah tersebut yang memiliki brankas tersembunyi. Satu-satunya pertahanan Sophie adalah sebuah aplikasi See For Me yang kebetulan juga digunakan Kelly, seorang veteran tentara, pecinta game, yang bersedia menerima notifikasi permintaan bantuan dari Sophie. Dia membantu Sophie untuk membela diri melawan pencuri.

Dikemas dalam suasana menegangkan, "See for Me" menghadirkan kengerian dari musik dan kemuraman, seolah kita seperti Sophie yang buta. Bukannya merasa kasihan, penonton akan dibuat sangat 'dekat' dengan kemurungannya.

Pertanyaannya, apa motif pencuri yang sudah sangat memahami kondisi rumah kosong dengan barang berharga tersebut?

Mampukah Sophie dibantu Kelly secara daring, bertahan dan bahkan mematikan penyusup bersenjata? Jawabannya diceritakan, yang secara seru dinikmati sampai akhir. Adegan Sophie melawan pencuri, dibantu secara audio oleh Kelly yang mahir menggunakan senjata, menjadi bagian yang sangat berkesan dalam "See for Me". (MAR)