Plataran Menjangan Terpilih Jadi Venue G-20

FAZ • Monday, 13 Jun 2022 - 08:27 WIB

Jakarta - Terpilih sebagai salah satu lokasi pelaksanaan forum presidensi G-20, Plataran Menjangan, sebuah resor bintang lima di Bali akan memerangi perubahan iklim sekaligus menggaungkan wisata yang ramah lingkungan.

"Kami akan menjadi bagian dari ecotourism show case untuk G-20. Jadi salah satu isu yang dibahas pada ajang internasional adalah perubahan iklim. Bagaimana cara dunia memerangi perubahan iklim yang semakin hari makin parah," kata CFO Plataran Indonesia, Anandita Makes dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Menurutnya, Plataran Menjangan terpilih sebagai venue G-20 karena turut serta dalam memerangi perubahan iklim. Sebab dari sekitar 15 isu yang dibahas dalam G-20, perubahan iklim merupakan salah satu poin yang akan dibahas oleh delegasi dunia tersebut.

"Cara mengurangi jejak karbon sudah dilakukan dan salah satunya adalah dengan kendaraan yang ramah lingkungan, tetapi ada sisi alam yang bisa kita bantu. Lalu penanaman pohon, perlakuan bisnis yang lebih ramah lingkungan dan tanggung jawab secara keberlanjutan. Ini fokus area pada G-20," ungkap dia.

Plataran Menjangan turut serta dalam berbagai upaya untuk mewujudkan resor yang ramah lingkungan yaitu dengan mengurangi jejak karbon (carbon foot print).

Dikatakan Plataran Menjangan sebagai tempat yang sudah melakukan berbagai cara untuk memerangi perubahan iklim. Salah satunya adalah Plataran For the Earth program.

"Jadi, semua tamu di Plataran yang menginap meski hanya sehari dan untuk tamu yang spending tertentu, secara otomatis akan ikut menanam satu pohon. Hal itu adalah cara kita mengurangi jejak karbon sekaligus menghijaukan lingkungan ini," ucap dia.

G-20 showcase ini merupakan kolaborasi Plataran dengan empat kementerian, di antaranya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Dari lingkungan hidup, dari segi pariwisata harus diedukasi, dari Kemenkeu juga harus ada regulasi dan Kemendagri juga merupakan instansi yang tidak kalah penting dalam membuat peraturan daerah," ungkapnya.

Plataran akan turut serta dalam peluncuran platform dan Pilot Project Ecotourism Showcase G-20 dengan fokus Carbon Footprint: Towards Climate Positive Tourism Through Decarbonization and Ecotourism yang diadakan di Plataran Menjangan.

Acara yang dilangsungkan di Plataran Menjangan ini, akan dihadiri oleh Kemenparekraf, Kemenkeu, Kementerian LHK, dan Kemendagri yang bersama-sama akan memusatkan perhatian dan pembahasan pada isu perubahan iklim dan pemberdayaan UMKM.

"Jadi memang di tempat ini kami akan menunjukkan bahwa Indonesia memerangi perubahan iklim," pungkas dia.