Amar Bank Bersiap untuk Meningkatkan Kematangan Digital

ANP • Sunday, 12 Jun 2022 - 19:18 WIB

Jakarta – PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”), sebagai bank digital-only pertama di Indonesia dengan dua produk unggulannya, Tunaiku (platform pinjaman digital) and Senyumku (mobile-only intelligent bank), berkolaborasi dengan Equine Global untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas sistem TI dengan menerapkan tata kelola TI dan melakukan penilaian Kematangan TI (ITMA) berdasarkan Kerangka COBIT 2019. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kematangan digitalnya sesuai dengan standar Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan OJK.

Asesmen OJK terhadap DMAB (Digital Maturity Assessment for Bank) pada tahun 20211 menemukan bahwa nilai rasio rata-rata tingkat kematangan bank digital di Indonesia terhadap rasio maksimum tingkat kematangan digital belum memadai. Terdapat enam aspek kriteria yang juga mencakup persentase rata-rata penilaian DMAB terhadap tingkat kematangan digital maksimum di Indonesia; data (57%), teknologi (50%), manajemen risiko (43%), kolaborasi (53%), tata kelola perusahaan (46%), dan nasabahn (50%). Menurut standar OJK, tingkat tertinggi kematangan digital merupakan proksi dari tingkat kematangan digital yang dimiliki oleh bank yang sepenuhnya digital. 

Menanggapi hal tersebut, Kevin Kane, Chief Technology Officer (CTO) Amar Bank mengatakan, “Kami percaya bahwa sistem TI yang lebih matang dan efisien diperlukan untuk meningkatkan tingkat kematangan bank digital sesuai dengan standar Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan oleh OJK, serta mendukung kinerja dua produk digital unggulan kami, Tunaiku dan Senyumku. Kami menyelaraskan tata kelola TI berdasarkan kerangka COBIT 2019 tahun ini untuk mendapatkan gambaran tentang keandalan sistem serta layanan . Dengan menerapkan prinsip, model, dan praktik terbaik COBIT 2019, kami dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan produktivitas sistem TI dengan tetap menjaga kepatuhan dan keamanan informasi, yang nantinya akan meningkatkan nilai layanan TI dan sumber daya sekaligus juga kepercayaan dari nasabah.”

Dikembangkan oleh ISACA (Information Systems Audit and Control Association), sebuah organisasi internasional yang diakui dengan lebih dari 150.000 anggota di seluruh dunia, COBIT 2019 adalah kerangka kerja komprehensif yang selaras dengan praktik, alat analisis, dan model yang diterima secara global yang dapat membantu Amar Bank menangani permasalahan bisnis secara efektif melalui tata kelola dan manajemen informasi dan teknologi (Enterprise Governance of IT/EGIT).

Penilaian Kematangan Teknologi Informasi (ITMA) berdasarkan kerangka COBIT 2019 oleh Equine Global untuk Amar Bank, bank yang telah bertransformasi secara digital sejak tahun 2014, terdiri dari dua tujuan utama; memperkuat struktur dan keunggulan kompetitif, serta memperkuat tata kelola TI dan manajemen risiko. Penilaian berdasarkan kerangka ini diharapkan dapat lebih menyelaraskan sistem TI dengan tujuan perusahaan, meningkatkan nilai dan kepercayaan terhadap sistem informasi perusahaan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas TI, menyediakan tata kelola dan kerangka kerja untuk sistem TI, memenuhi standar kualifikasi TI di industri serta meningkatkan efisiensi dan kinerja infrastruktur digital Amar Bank, baik untuk operasional perusahaan secara keseluruhan maupun kinerja produk digital unggulannya, Tunaiku dan Senyumku.

“Mengukur tingkat kematangan digital suatu perusahaan berdasarkan COBIT 2019, khususnya di sektor perbankan, sangatlah penting. Selain memenuhi standar regulator, memperluas pengukuran untuk memasukkan tren perkembangan saat ini akan membantu Amar Bank, bank yang telah lama bertransformasi secara digital, untuk tetap menjadi yang terdepan. Sebagai perwakilan dari manajemen Equine Global, kami berharap pengukuran teknologi informasi dan semua proses dapat dilakukan dengan lancar, membuat Amar Bank lebih siap lagi untuk memenuhi kebutuhan nasabah, meningkatkan kinerja  bisnis, dan daya saing," kata Hendra Kusumawidjaja, COO Equine Global.

Selain meningkatkan kematangan TI melalui implementasi kerangka COBIT 2019 untuk memperkuat ekosistem digital, Amar Bank juga telah menanamkan budaya digital dengan menerapkan kebijakan 'Work From Anywhere' (WFA) secara permanen sejak Oktober 2021. Hal ini memungkinkan karyawan untuk bekerja secara efektif dan efisien dari mana saja dan kapan saja, yang juga sesuai dengan standar Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan oleh OJK, khususnya pada aspek Pemberdayaan Tenaga Kerja yang termasuk ke dalam salah satu kategori pada bagian transformasi desain organisasi perbankan.

Sebelumnya, Amar Bank juga telah meraih beberapa penghargaan karena inovasi dan infrastruktur digitalnya, baik dari sisi operasional sistem TI maupun produk unggulannya, Tunaiku dan Senyumku. Beberapa penghargaannya antara lain; The Innovative Tech Companies of the Year dari ACES Awards 2021, TOP Digital Implementation 2021 #Level Star 4 dari TOP Digital Awards 2021, Indonesia’s Most Popular Digital Financial Brands Award 2022 dari The Iconomics, dan sebagainya. 

Sejak 2014, Amar Bank telah menyediakan layanan keuangan digital di Indonesia melalui Tunaiku (platform pinjaman digital) bagi perorangan dan UMKM (usaha mikro dan menengah) yang diproses dan disetujui dalam waktu 24 jam dengan memanfaatkan teknologi Big Data dan Predictive Analytics untuk melayani masyarakat yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan kurang terlayani bank (underserved). Pada tahun 2020, Amar Bank bermitra dengan Google untuk meluncurkan Senyumku, mobile-only intelligent bank berbasis cloud pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi baru AI untuk mendorong kebiasaan menabung yang baik sambil meningkatkan kedisiplinan untuk mengelola keuangan pribadi menjadi lebih baik. (ANP)