Disaksikan Gubernur Anies, Food Station Kerja Sama dengan Gapoktan Sari Makmur Lampung

MUS • Friday, 10 Jun 2022 - 20:47 WIB

Jakarta - PT Food Station Tjipinang Jaya selaku BUMD Pangan milik Pemprov DKI Jakarta melakukan kerja sama dengan Gapoktan Sari Makmur kelurahan Tejosari, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro Lampung Timur, Provinsi Lampung, Jumat, (10/6/2022). 

Penandatangan kerja sama disaksikan langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Wali Kota Metro Lampung, Wahdi Siradjuddin. 

Adapun lingkup kerjasama Food Station dengan Gapoktan Sari Makmur dilakukan di lahan seluas 150 hektar dengan produktivitas 6 ton per hektar. Sementara potensi hasil mencapai 900 ton Gabah Kering Panen dan 450 ton beras.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo mengatakan penandatanganan kerja sama antara Food Station dengan Gapoktan Sari Makmur, adalah kerja sama antar daerah dalam bentuk kolaborasi yang berkeadilan. 

“Khusus kerja sama dengan Gapoktan Sari Makmur Lampung ini adalah kerja sama yang baru. PT Food Station Tjipinang Jaya akan menjadi standby buyer yang siap menyerap semua hasil panen dari Gapoktan Sari Makmur, baik berupa Gabah Kering Panen (GKP) dan Beras Pecah Kulit (PK), dengan harga yang memberikan keuntungan kepada petani, sehingga petani tidak perlu mengkhawatirkan saat panen, kemana hasilnya akan dijual dan dengan harga berapa,” kata Pamrihadi. 

Lebih lanjut Pamrihadi menjelaskan kerja sama ini adalah untuk memastikan ketersediaan pasokan dan harga beras yang terjangkau untuk warga Jakarta.
   
Sebagai wujud konkrit kerja sama, tidak semata-mata hanya sebagai seremoni, dalam kesempatan ini langsung direalisasikan dengan pengiriman perdana beras Pecah Kulit Varietas Ciherang sebanyak 10 ton yang dilepas langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Pamrihadi menambahkan selanjutnya kerja sama ini kedepannya akan ditingkatkan dengan penambahan beberapa varietas padi yang lain seperti Muncul, Mentik Wangi dan Beras Merah, untuk memenuhi kebutuhan Produksi Pabrik Beras  Food Station yang ada di Kota Gajah. 

“Kedepannya Gapoktan Sari Makmur  akan mengirimkan hasil panen berupa Gabah Kering Panen (GKP) ke pabrik FS di Kota Gajah, yang selanjutnya akan diproses menjadi beras Pecah Kulit ataupun Beras yang akan dikirimkan ke Jakarta," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan DKI Jakarta berkontribusi terhadap perekonomian nasional sebesar 17% dan DKI Jakarta menjadi salah satu daerah yang konsumsi pangannya sangat tinggi, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pangan, DKI Jakarta harus berkolaborasi dengan daerah produsen atau sentra produksi. 

“Hanya melalui kerja sama dengan sentra produksi, pasokan pangan bagi masyarakat DKI Jakarta dapat terjamin," ungkapnya.

Sekedar informasi dalam kesempatan ini, selain kerja sama Food Station dengan Gapoktan Sari Makmur, Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD Pangannya yang lain juga melakukan kerja sama dengan Pemkot Metro Lampung. 

Adapun kerja sama tersebut antara lain pengiriman perdana 30 ekor sapi dan telur oleh Perumda Dharma Jaya, serta pengiriman produk olahan makanan yang diproduksi UMKM setempat oleh Perumda Pasar Jaya.