Petinggi Partai Berkuasa India Hina Nabi Muhammad, Aksi Protes Meluas di Pakistan

MUS • Tuesday, 7 Jun 2022 - 11:59 WIB

Karachi - Para pendukung partai Islam Pakistan, Jamiat Ulema-e-Islam JUI pada Senin (6/6/2022) memadati jalan-jalan di Karachi, menyerukan pemboikotan diplomatik dan ekonomi terhadap India atas pernyataan juru bicara partai yang berkuasa, yang menghina Nabi Muhammad SAW.

Dengan membawa spanduk besar bertuliskan “Nabi Kami, Kehormatan Kami,” dan “Kami Siap Serahkan Hidup Demi Kehormatan Nabi Kami,” para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang Perdana Menteri India Narendra Modi.

Samiul Haq Swati, pemimpin JUI di tingkat lokal, mengatakan pemerintah Pakistan harus memboikot India secara ekonomi dan diplomatik. India harus diisolasi dunia untuk menyadarkan bahwa menghina nabi kami adalah kejahatan keji. Dia mengataka hal ini telah melukai sentimen semua warga Muslim di dunia.

Juru bicara Partai Bharatiya Janata, Nupur Sharma, menyampaikan pernyataan yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW dalam debat di televisi. Beberapa negara Arab menuduh pernyataan itu sebagai penistaan agama, dan membuat pemerintah India berjuang untuk mengatasi dampak pernyataan itu.

Pernyataan kontroversial itu disampaikan menyusul meningkatnya aksi kekerasan yang menarget kelompok minoritas Muslim di India yang dilakukan oleh warga nasionalis Hindu, yang menjadi semakin berani dengan sikap diam Modi melihat serangan-serangan itu, bahkan sejak ia pertama kali terpilih tahun 2014.

Kementerian Luar Negeri Indonesia juga “mengutuk keras pernyataan” tersebut dan mengatakan telah mengirim pesan kepada Duta Besar India di Jakarta.