Perlombaan Di Gunungkidul Ramaikan Deklarasi Emak-Emak Dan Millenial Dukung Sandiaga

ANP • Saturday, 4 Jun 2022 - 17:38 WIB

Gunungkidul - Relawan Teman Sandi kembali beraksi dengan sejumlah kegiatan sosial dan pergelaran lomba yang dilaksanakan di Kab. Gunungkidul pada Sabtu, 4 Juni 2022. Ratusan masyarakat dan milenial mendeklarasikam dukungannya untuk Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi presiden di tahun 2024 mendatang.

Nurlina Nuha Amedyan, Ketua Umum Teman Sandi meyakinkan bahwa Sandiaga Uno mampu meningkatkan ekonomi rakyat Indonesia jika menjadi presiden di tahun 2024.

"Sandiaga terbukti dapat membangkitkan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja yang tidak hanya untuk kaum milenial tetapi juga untuk emak-emak dengan tingkat kreatifitas yang tinggi. Sandiaga juga mampu membangun inovasi baru dalam membuka berbagai lapangan kerja." tegasnya.

Kegiatan Teman Sandi di Gunungkidul, dimulai dengan membagikan puluhan paket sembako kepada warga yang ada di Halaman Mesjid Al Makmur, Kec. Playen, Gunungkidul. Bantuan sembako tersebut diharapkan dapat membantu warga memenuhi dan mengurangi kebutuhan sehari-hari. Warga juga turut memberikan dukungan dan deklarasi kepada Sandiaga Uno.

Berlanjut ke Joglo Pedukuhan Dusun Bandung, Kec. Playen, Gunungkidul, Relawan Teman Sandi mengadakan lomba masak dan menghias tumpeng. Lomba ini diramaikan oleh puluhan peserta yang berasal dari ibu-ibu PKK. Peserta dibagi menjadi 15 kelompok dengan 3 orang peserta dalam 1 kelompok. Pemenang dari lomba ini nantinya yaitu 5 juara dan masing-masing akan mendapatkan doorprize dari Teman Sandi.

Tumpeng atau nasi tumpeng adalah makanan masyarakat Jawa yang penyajian nasinya dibentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Olahan nasi yang dipakai umumnya berupa nasi kuning, nasi putih biasa, atau nasi uduk. Lomba memasak dan menghias tumpeng ini, dilaksanakan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian cita rasa makanan khas daerah. Dengan lomba ini, masyarakan akan lebih mengenal bagaimana proses pembuatan tumpeng.

Tidak hanya membuat tumpeng, para peserta juga ikut menyatakan dukungan dan deklarasikan untuk Sandiaga Uno. Mereka berharap Sandiaga mampu meningkatkan ekonomi di masa mendatang.

Kegiatan di Gunungkidul diakhiri dengan lomba turmanen PS yang dilaksanakan di DK_Ve , Jalan Tamanbakti, Kec. Wonosari, Gunungkidul. Lomba ini diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan millenial yang gemar bermain game PS.

Dengan lomba ini, Teman Sandi mengajak para milenial untuk menyalurkan bakatnya dan mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Tidak selalu merugikan, game PS juga memiliki manfaat tersendiri, diantaranya dapat meningkatkan kapasitas memori dan meningkatkan materi otak.

Milenial peserta lomba PS juga menyatakan dukungannya kepada Sandiaga Uno. Dukungan hadir karena Sandiaga dinilai dapat meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan kerja.

"Saya mendeklarasikan Pak Sandiaga menjadi presiden di tahun 2024. Saya yakin Pak Sandi mampu membangkitkan ekonomi masyarakat melalui kinerja yang kreatif dan berinovatif" ujar salah satu peserta lomba PS. (ANP)