Fahira Sayangkan Tidak Adanya Sponsor BUMN dalam Even Formula E

AKM • Friday, 3 Jun 2022 - 21:45 WIB

Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah- DPD RI  dapil Jakarta.Fahira Idris menyanyangkan tidak adanya sponsor dari BUMN dalam penyelenggaran Formula E yang disaksikam 173 negara yang sehatusnya menjadi sarana promosi yang baik.

“ Saya pribadi menyayangkan karena event ini disaksikan oleh 173 negara di dunia sehingga menjadi promosi yang baik bagi perusahaan-perusahaan dan produk BUMN terlebih yang bergerak di bidang energi terbarukan atau ramah lingkungan,” ujarnya kepada wartawan, Jakarta, Jum’at (3/6).

Menurut Fahira, tema besar Formula E adalah listrik dan energi ramah lingkungan atau energi terbarukan, idealnya memang event ini mendapat sokongan penuh dari perusahaan BUMN yang bergerak dibidang tersebut.

“Misalnya PLN atau Pertamina yang saat ini sedang transisi dan mendorong tumbuhnya energi baru terbarukan,” tutur Fahira.

Namun, apapun itu, Fahira menegaskan keputusan BUMN yang tidak jadi sponsor kita hormati saja. 

“Biar publik yang menilai, ideal atau tidaknya, sebuah event akbar tingkat dunia digelar di Indonesia, tetapi produk BUMN kebanggaan bangsa tidak ada yang istilahnya ‘mejeng’ di Formula E,” jelas  Fahira

Soal kesan tidak mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat, Fahira tidak mau berpolemik.

“Saya tidak mau berpolemik karena itu kontraproduktif terlebih menjelang Hari H Formula E. Biar publik punya penilaian masing-masing,” terangnya.

Fahira menilai kedatangan presidem Jokowi untuk meninjau dan nonton langsung adalah bentuk dukungan pemerintah pusat.

“Bagi saya kedatangan Pak Jokowi beberapa waktu lalu meninjau sirkuit Formula E dan rencana beliau menonton langsung adalah bentuk dukungan dari Pemerintah Pusat. Jadi tidak perlu dibesar-besarkan persoalan dukung mendukung ini,” katanya.

Fahira menyakini kemampuan Pemprov Dki Jakarta dapat mengelola event besar ini

“Sejak awal saya yakin kemampuan Pemprov DKI Jakarta mengelola event besar ini,” tegasnya.

Soal sosialisasi ini, Fahira menmabahkan, ini masalah waktu dan sempat diundur beberapa kali lebih kepada akibat pandemi dan sejauh ini masih sesuai jadwal.

“Buktinya tiket Formula E sudah ludes terjual di semua kelas. Ini tentunya akibat sosialisasi yang baik dan terencana dari Panitia. Bukti lain juga adalah sponsor berduyun-duyun datang. Dari catatan saya ada 31 sponsor lokal dan ini sudah cukup banyak bagi saya. Ini juga tentunya karena sosialisasi yang cukup baik dan intens,” ungkap Fahira

Fahira menambahkan, Menjelang Hari H maka hindari polemik agar panitia fitmula bisa fokus bekerja

“kita hindarilah polemik-polemik agar panitia penyelenggara bisa fokus. Terlebih saat ini sudah ada 31 sponsor lokal,”  tandasya