Tourism Malaysia Gelar Halal Bi Halal Pertemukan Industri Pariwisata Dua Negara

MUS • Friday, 3 Jun 2022 - 12:04 WIB

Medan - Tourism Malaysia di Medan menggelar halal bi halal yang mempertemukan secara virtual pelaku industri dan industri pariwisata Malaysia dengan agen wisata Medan, Sumatera Utara.    Pertemuan Halal Bi Halal dan B2B bertajuk”Malaysia Reopening Tourism Gathering” berlangsung Selasa (31/5/2022) di City Hall Medan.

Agen travel dari Sumut yang tergabung dalam beberapa organisasi seperti ASITA hadir langsung di acara tersebut yang berdiskusi dengan 18 industri di Malaysia. Hadir pada acara itu Konsul Jenderal Malaysia di Medan Aiyub Omar, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara Ibrahim, Rektor USU Muryanto Amin dan beberapa Konsul negara sahabat lainnya seperti Konsul Jenderal Jepang.
   

Konsul Jendral Malaysia di Medan  Aiyub Omar menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Indonesia yang telah kembali membuka pintu penerbangan internasional di Bandara Internasional Kualanamu.    “Sudah dua tahun pandemi Covid-19 sehingga tahun 2022 ini membuka peluang wisatawan dari Indonesia, khususnya Sumatera Utara untuk melancong menikmati destinasi wisata di Malaysia,”  ungkap Konjen Aiyub. 

 Konsul Pelancongan Malaysia yang juga Direktur Tourism Malaysia Medan Hishamuddin Mustafa kepada wartawan Kamis (2/6/2022) mengatakan Halal Bi Halal yang digelar tersebut dirangkai dengan pertemuan virtual business to business (B2B) agen travel dan pelaku industri pariwisata dengan 18 industri di Malaysia seperti Rumah Sakit, pendidikan dan industri pariwisata lainnya.   

Hishamuddin menyambut baik dibukanya kembali pintu penerbangan internasional tujuan Malaysia di Bandara Internasional Kualanamu, setelah sebelumnya ditutup secara total selama dua tahun terakhir akibat Covid-19.   Sejak dibukanya kembali pintu penerbangan internasional tujuan Malaysia pada 1 Mei 2022, pihaknya mencatat sebanyak 600.000 wisatawan asal Indonesia berkunjung ke Malaysia. Namun untuk targetnya sendiri, dia menyebut sebanyak 2 juta kunjungan pelancong asal Indonesia khususnya yang melakukan perjalanan via udara melalui Bandara Internasional Kualanamu.   

Dengan begitu, Hishamuddin berharap bisa kembali meningkatkan kunjungan wisatawan dari Indonesia khususnya Sumatera Utara ke Malaysia.  Pada Halal Bi Halal itu, Hishamuddin menghidangkan aneka makanan dan minuman khas Malaysia seperti teh tarik, lemang, nasi briani dan kare. (Har)