PLN UID Jawa Timur Raih Bendera Emas Dari Menaker

MUS • Tuesday, 31 May 2022 - 10:06 WIB

Surabaya - PT PLN (Persero) UID Jawa Timur meraih penghargaan Penerapan Sistem Manajemen Keselataman dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia. PLN UID Jawa Timur mendapatkan penghargaan Sertifikat Emas dan Bendera Emas dengan tingkat pencapaian penerapan SMK3 memuaskan dan perolehan nilai 89,76.

Penghargaan SMK3 diterima oleh PLN UID Jawa Timur karena dinilai mampu menerapkan SMK3 secara konsisten dan menjadi bagian dari sistem manajemen perusahaan dalam mengendalikan risiko untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, efisien, dan produktif.

Pemberian penghargaan di Bidang K3 merupakan bagian dari upaya Pemerintah, khususnya Kemnaker, dalam mengampanyekan K3 dan memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil menerapkan budaya K3.

Dalam sambutannya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyampaikan bahwa pemberian penghargaan K3 terbukti efektif dalam memotivasi stakeholders untuk menerapkan K3 dengan baik dan mempertahankan kinerja K3 karena K3 merupakan investasi untuk menjaga keberlangsungan usaha, dan mencapai produktivitas perusahaan.

"Pemberian penghargaan ini bisa memotivasi perusahaan dalma menciptakan budaya K3 sehingga keberlangsungan usaha bisa berjalan dengan baik dengan titel zero accident," ujar Menaker Ida Fauziah.

Sementara itu GM PLN UID Jatim Lasiran menyampaikan, penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi sekaligus motivasi bagi PLN UID Jatim untuk lebih baik lagi dalam mengimplementasikan budaya K3 dalam keseharian bekerja sesuai dengan fokus  yakni Zero Accidennt.

"Ini menjadi semangat dan kekuatan bagi kita dalam mempertahankan pola kerja berbasis budaya K3," pungkas Lasiran GM PLN UID Jatim. (Her)