Islam Nusantara Foundation: Indonesia Berduka Melepas Syafi’i Ma’arif Sang Guru Bangsa

MUS • Friday, 27 May 2022 - 13:06 WIB

Jakarta - Islam Nusantara Foundation turut berduka atas berpulangnya guru bangsa Buya Prof. Dr. Syafi’i Ma’arif.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun'. Berduka yang sangat mendalam. Indonesia kehilangan tokoh panutan, pemimpin dan pengayom umat dan perekat bangsa. Semoga Allah SWT mengampuni segala kekhilafannya dan menempatkannya di surga yang terbaik," ucap Ketua Islam Nusantara Foundation, Helmy Faishal Zaini. 

Menurut Helmy Faisal, Buya Prof Dr. Syafi’i Ma’arif merupakan guru bangsa  yang menjadi teladan bagi semua. Bangsa Indonesia kehilangan tokoh yang penuh sikap kebersahajaan. "Semoga teladan 'almaghfurlah' diteruskan para kader-kader bangsa," ujarnya. 

"Kami mengajak kepada segenap warga Indoenesia untuk melangitkan doa atas berpulangnya guru bangsa. Khusus untuk umat Islam, kami mengajak secara bersama-sama melaksanakan shalat gaib dan membacakan surat Al Fatihah untuk Buya Syafi’i Ma’arif," ajak dia. 

Helmy Faishal juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk meneladani pandangan dan sikap-sikap yang telah dicontohkan oleh Buya Syafi’i Ma’arif.

Menurutnya, salah satu upaya penting yang dilakukan oleh Buya Sya’afi Ma’arif adalah menegaskan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT atas perjuangan yang penuh dengan kesungguhan dan menghapuskan penjajahan.