Dirut PLN: Lulusan ITPLN Harus Siap Hadapi Era Transisi Energi

FAZ • Thursday, 26 May 2022 - 07:58 WIB

Jakarta - Sebanyak 137 wisudawan mengikuti acara wisuda ke-40 Institut Teknologi PLN (ITPLN) di Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Rabu (25/5). 

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo berpesan kepada para wisudawan agar siap dalam menghadapi tantangan yang semakin besar dan kompleks kedepannya. 

“Teknologi berkembang, sektor energi bertransisi. Kita semua harus punya keahlian yang relevan dengan zaman. Di sinilah, ITPLN hadir sebagai kawah candradimuka untuk menempa dan mengemban pendidikan yang unggul sesuai bidang," kata Darmawan.

Senada dengan Darmawan, Rektor ITPLN, Prof  Iwa Garniwa mengatakan bahwa para wisudawan akan menghadapi berbagai tantangan, apalagi di masa pandemi Covid-19. 

"Tidak lupa juga aspek attitude, knowledge, skill, dan value dari masing-masing lulusan. Selain itu kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, dan bertindak efektif dan imajinatif yang sangat dibutuhkan di era post Covid-19," kata Iwa. 

Iwa menambahkan, setelah lulus, para wisudawan nantinya akan bergabung dengan 10.000 alumni dari ITPLN yang telah bekerja di berbagai sektor industri yang ada di Indonesia.

Turut hadit dalam wisuda, mewakili pemerintah dari LLDIKTI Wilayah III, Prita Ekasari. Ia menyebut bahwa perguruan tinggi dituntut untuk bisa terus melakukan transformasi dengan memunculkan terobosan-terobosan baru. 

Diantaranya, Mobil Listrik Brajamusti dari Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi, Robotik dari Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan dan lainnya.