Sumenep Punya Halal HUB Pertama di Indonesia, Siap Bawa Produk Lokal Mendunia

FAZ • Wednesday, 25 May 2022 - 09:27 WIB

Jakarta - Sumenep UMKM Halal Hub merupakan sebuah strategi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep bekerjasama dengan program Global Halal Hub sebuah gerakan nasional yang telah digulirkan oleh Bapak Wapres RI, KH Ma’ruf Amin pada tanggal 27 Januari 2022 yang lalu.

Ekosistem pengembangan produk halal berbasis platform digital itu diharapkan menjadi motor sinergi dan kolaborasi pemangku kepentingan (stakeholders) mengakselerasi pengembangan UMKM dan produk halal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menguasai pasar global. Tujuan tersebut yang nantinya akan didorong oleh pihak Goorita serta PDEkspor secara umum. Goorita melihat potensi produk perikanan, pertanian dan peternakan yang dihasilkan UMKM di daerah ini tentu dapat dioptimalkan sehingga bisa bersaing dipasar lokal dan global. Bahkan Sumenep juga terkenal sebagai sentra pengrajin keris terbesar di Indonesia yang bahkan sudah bisa diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia dan Thailand yang tentunya sebagai industri kreatif berbasis tradisional dan budaya perlu didukung dengan perhatian khusus.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi produk UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sumenep yang tidak kalah dibandingkan dengan daerah lain."Saya memberikan apresiasi pelaku UMKM karena produk ekonomi kreatif Sumenep tidak kalah dibandingkan daerah lain serta  produknya benar-benar kualitasnya sudah mendunia, "katanya usai menghadiri peresmian Sumenep UMKM Halal Hub. Menurut dia, pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu harus terus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi guna meningkatkan kualitas produknya.

Pencanangan Sumenep UMKM Halal Hub ini bukanlah tataran seremonial saja tetapi merupakan program berkesinambungan yang dapat mensejahterakan warga Sumenep dan memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia yang merupakan  Gerakan Nasional Sinergisitas Indonesia Menuju Produsen Produk Halal Dunia 2024 dilaksanakan di pusat ekosistem GHH di Kota Tangerang, Banten, yang sudah diresmikan pada Kamis, 27 Januari 2022 lalu.

Adapun fasilitasi yang telah dan akan kita kembangkan bersama untuk mendukung tujuan tersebut yaitu dengan membangun UMKM Halal Hub yang terdiri dari ruang workshop pembinaan, ruang konsultasi UMKM, ruang sinergi antar dinas, ruang paguyuban UMKM dan logistik hub. Sedangkan untuk pengembangan langsung produk UMKM yang memerlukan ruang Packaging Storage akan segera dimulai pembangunannya. Ekosistem ini juga didukung oleh Youtap Indonesia untuk pembayaran non tunai dan solusi digital seperti aplikasi POS, solusi E-Menu, dan customer self order (order mandiri) untuk mendorong transaksi di outlet Halal Hub

Pemkap Sumenep juga telah melihat potensi ini dengan jumlah penduduk sekitar 1 juta orang dimana 98% nya adalah warga muslim membuat potensi pengembangannya terbuka sangat besar serta Sebanyak 25 perusahaan ekspor UMKM berbasis digital yang tergabung dalam Asosiasi Platform Digital Ekspor (PDEkspor) menjadi bagian utama dalam pengembangan ekosistem Global Halal Hub. Asosiasi ini menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), komunitas, pesantren, perguruan tinggi dan para pelaku UMKM.

CEO Goorita Yuwono Wicaksono memaparkan bahwa Sumenep UMKM Halal Hub adalah program nyata yang dilakukan oleh Asosiasi Platform Digital Ekspor Indonesia (PDEkspor) sebuah Asosiasi yang beranggotakan pelaku ekspor berbasis platform digital dan kami Goorita diberi kepercayaan untuk mengkoordinasikannya kata. “Selama pandemi Covid-19 permintaan ekspor produk halal meningkat tajam. Tahun 2022, valuasi ekspor produk halal anggota PDExpor akan mencapai USD 138 juta. Terdiri dari 1,5 juta item produk halal dan 24.000 ton produk pertanian,”paparnya.

Bupati Sumenep bapak Ahmad Fauzi S.H.,M.H turut berbahagia atas peresmian Halal Hub pertama di Sumenep dan di Indonesia ."kami dari pemerintahan sumenep turut bangga dan berkomitmen kuat untuk meningkatkan produk UMKM desa Sumenep agar mampu Go Internasional dan bersaing di pasar lokal dan Global ," paparnya .

Sumenep UKM Halal Hub diharapkan menjadi salah satu langkah strategis yang terintegrasi yang akan menjadi kekuatan ekonomi daerah sumenep dan nasional serta menjadi andalan pengembangan UMKM dan produk halal menjadi raja di Nusantara dan andalan di pasar global.