Berlaku Mulai 28 Mei, ini Rute Terbaru KRL Bogor dan Bekasi

MUS • Tuesday, 24 May 2022 - 08:20 WIB

Jakarta - Kereta Rel Listrik (KRL) mengalami perubahan rute yang berlakui mulai 28 Mei 2022.

Di mana KRL Bogor hanya melayani rute Bogor-Jakarta Kota dan kereta Bekasi yang tadinya melayani Jakarta Kota akan langsung menuju Stasiun Tanah Abang, Senen hingga Jatinegara.

Hal ini dikonfirmasi oleh Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba. Dia menyebut pola operasi KRL Commuterline akan mengalami perubahan yang cukup signifikan untuk Bogor Line dan Bekasi/Cikarang Line.

“Untuk perjalanan KRL lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor, Depok, dan Nambo menuju Jakarta Kota melalui Stasiun Manggarai. Secara umum, perubahan pola operasi KRL Commuterline akan dilakukan dengan mengikuti skema baru,” Anne Purba dalam keterangannya.

Dia menjelaskan kalau seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10, 11, 12, dan 13 Stasiun Sentral Manggarai.

“Adapun Semua KRL Bogor Line menuju ke Stasiun Jakarta Kota, kemudian KRL Bekasi/Cikarang Line menggunakan 2 pola operasi Yaitu Full Racket (Looping) dengan rute Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang,” jelasnya,

Sedangkan untuk jalur Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.

“Tak hanya itu, pola selanjutnya yaitu Half RacketCikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP). Sedangkan Jalur Serpong Line, Tangerang Line dan KA Bandara Soetta tidak ada perubahan,” bebernya.

Dia menambahkan perubahan pola operasi pelayanan di Stasiun Manggarai akan dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pengguna saat perpindahan peron untuk transit.

“Nantinya pengguna KRL tidak harus menyebrang jalur rel lagi dan bisa mengurangi aktivitas di passengers crossing yang berpotensi membahayakan nyawa penumpang saat menyebrang jalur rel,” tambahnya.

Diketahui, penyesuaian layanan ini dimaksudkan agar perjalanan pengguna KRL tetap nyaman di tengah proses pengembangan dan pembangunan Stasiun Manggarai yang terus berlangsung.