Ini Manfaat yang Didapat Saat Berbelanja Online

MUS • Monday, 23 May 2022 - 12:25 WIB

Jakarta - Pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini, mendorong masyarakat untuk memanfaatkan marketplace online guna memenuhi kebutuhan gaya hidup. Selama pandemi, minat masyarakat mengunjungi dan berbelanja daring mendorong peningkatan nilai transaksi e-commerce.

Data  Bank Indonesia (BI) menyebutkan sepanjang semester I-2021, transaksi e-commerce tumbuh 63,4 persen menjadi Rp186,7 triliun. Bahkan BI memperkirakan hingga akhir tahun 2021 transaksi e-commerce dapat meningkat 48,4 persen sepanjang tahun 2021 menjadi Rp395 triliun.

Belanja dengan basis koneksi internet ini memiliki banyak keuntungan yang  dapat dinikmati para konsumen. Keuntungan tersebut  di antaranya produk yang ditawarkan terjamin keasliannya. Bahkan ada marketplace yang sanggup mengganti dua kali jika produk yang dibeli tidak asli.

Jika produk yang dibeli ternyata tidak cocok atau cacat, ada tenggang waktu yang cukup lama yakni hingga 7 hari untuk menukar produk tersebut kepada tenant.

Keuntungan lainnya yakni, marketplace berani memberikan diskon besar terhadap produk yang terpasang. Sebut saja ada Flash sale, yakni sistem penjualan online yang  konsepnya akan memberikan tawaran harga yang lebih rendah (diskon), tetapi penjualan ini hanya berlaku dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Tak hanya itu, diskon juga sering diberikan oleh tenat terhadap produk yang dijualnya.

Kemudian, konsumen juga dapat menikmati gratis ongkos kirim (ongkir). Ongkir ini, biasanya dapat dimanfaatkan oleh konsumen  dalam bentuk voucher yang kemasan desain nya  tergantung selera masing-masing marketplace.

Produk Nzinga menjadi salah satu produk yang menghiasi marketplace tanah air. Produk fashion lokal ini  terjamin akan keaslian dan kualitasnya. Foto produk yang terpasang di marketplace dipastikan sama dengan produk yang dibeli

“Pasti sama keaslian produk dengan foto,  karena semua produk kami foto sendiri di studio , bukan ambil gambar dari internet atau dari seller lain,” kata Owner Nzinga Mira Khang dalam siaran persnya, Senin (23/05/2022)

Mira mengatakan dalam memilih marketplace, Nzinga selalu selektif dan mencermati perkembangan marketplace di tanah air. Marketplace yang menjamin kualitas produk yang dipasarkannya menjadi salah satu bagian dipilih Nzinga.

“Store kami terdaftar di shopee mall , bukan store basic , shopee mall hanya menerima store melalui seleksi ketat,” ujar Mira.

Untuk produk yang dibuat Nzinga adalah produk fashion khusus wanita antara lain, blouse, outer, celana kulot, celana jeans, dan lain-lain. Harganya dibandrol pun terjangkau dan penuh promo. Kami selalu mengadakan flash sale di tanggal double date seperti 11.11 12.12,” tutur Mira.

Mira menyarankan, sebelum membeli produk Nzinga, konsumen terlebih dahulu untuk mengecek testimoni pembeli agar tidak kecewa setelah produk telah diterima.

“Produk Nzinga kini dijual di akun   Instagramn  resmi Nzinga yakni @nzinga.id dan marketplace shoppe dengan nama Nzinga Official Shop,” ungkap Mira.