Dorong Laju Pertumbuhan Ekonomi Dalam Negeri, PLN Akuisisi Kebutuhan Daya Industri Skala Besar

MUS • Thursday, 19 May 2022 - 18:13 WIB

Surabaya - PT PLN (Persero) wujudkan komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri melalui akuisisi beban listrik PT Tjiwi Kimia dengan kapasitas 30 Mega Watt (MW) dan PT Sasa Inti dengan kapasitas 6,3 MW dalam acara penandatanganan kerjasama  Progressive Captive Power Acquisition & Renewable Energy Certificate di Surabaya, Kamis (19/5). Perjanjian ini sekaligus menambah jumlah kebutuhan daya industri yang telah diakuisisi sebesar 52,5 MW, setelah sebelumnya  PLN telah menyepakati kerjasama pengalihan penggunaan listrik mandiri pelanggan industri dengan PT Cheil Jedang sebesar 4,8 MW, dan PT Petrokimia Gresik 11,4 MW.

Kesepakatan PT Tjiwi Kimia dilakukan setelah melihat kesuksesan program yang dilaksanakan pada tahun pertama. Komitmen ini dituangkan dalam penandatanganan addendum perjanjian jual beli tenaga listrik yang dihadiri oleh General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran, Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan DJK Kementerian ESDM, Wanhar, Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Waziruddin, Direktur Utama PT Tjiwi Kimia yang diwakili oleh Gijan Ongkoredjo, General Manager Plant PT Sasa Inti, Thomas Iskandar Unardi, Vice President (VP) Strategi Pemasaran Bagian Timur Regional Jamali PLN, Kris Cahyono.

Melalui perjanjian kerjasama tersebut,  PT Tjiwi Kimia telah berhasil mengurangi pemakaian dari pembangkit sendiri sebesar 30 MW dari total kapasitas 230 MW dengan berlangganan PLN daya 100 MVA dan durasi kerjasama menjadi tiga (3) tahun dari sebelumnya hanya satu (1) tahun. Sementara PT Sasa Inti dengan berlangganan PLN 25 MVA akan mengurangi penggunaan pembangkit sendiri sebesar 6 MW dari total kapasitas 12 MW selama satu tahun.

“Langkah ini merupakan kelanjutan kerja sama PLN dan PT Tjiwi Kimia pada program Incentive Captive Acquisition atau akuisisi beban listrik sejak tahun 2021. Melalui layanan ini, pelanggan yang memiliki captive power untuk memenuhi kebutuhan listrik, dapat beralih untuk mendapatkan pasokan listrik secara penuh dari PLN,” papar General Manager PLN UID Jatim, Lasiran.

Dan melalui layanan captive power acquisition, pelanggan yang bersedia mengalihkan penggunaan listrik mandiri dari pembangkitnya ke listrik PLN akan mendapatkan insentif tarif listrik sekaligus keandalan pasokan listrik secara penuh dari PLN.

“Peningkatan kerja sama antara PLN dan PT Tjiwi Kimia serta PT Sasa Inti ini merupakan bukti dari kualitas pelayanan yang prima dari PLN untuk pelanggan industri di Jawa Timur. PLN siap mendukung pertumbuhan sektor industri dengan kecukupan daya mampu sistem sebesar 10.138 MW dengan cadangan sebesar 3.258 MW,” imbuh Lasiran.

Mengapresiasi langkah PLN, Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan DJK, Wanhar menyampaikan bahwa layanan Captive Power merupakan inovasi PLN menjawab tantangan surplus kondisi kelistrikan dan keinginan untuk mendukung tumbuhnya perekonomian melalui sektor industri, sharing produktivitas dan peningkatan efisiensi.

“Inovasi PLN ini mengedepankan win win solution, artinya bagi pelaku industri dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi, mengurangi faktor emisi karbon dibanding menggunakan pembangkit pelanggan, akan memberikan dukungan pula untuk penggunaan energi bersih. Yang utama, pelanggan dapat lebih fokus mengelola bisnisnya. Bagi pemerintah pun akan meningkatkan daya saing industri dan pertumbuhan ekonomi,” terang Wanhar.

Direktur Utama Tjiwi Kimia yang diwakili oleh Gijan Ongkoredjo menyatakan kerjasama ini merupakan salah satu wujud sinergi nyata antara PLN dengan industri bubur kertas dan kertas, dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi dan ketahanan industri dalam negeri pasca pandemi.

Dalam kesempatan yang sama, PT Tjiwi Kimia pun turut berkomitmen mendukung penggunaan green energy melalui pembelian Renewable Energy Certificate (REC) PLN selama dua tahun sebanyak 174.285 unit. Pencapaian ini kedepannya akan digunakan untuk mengembangkan kapasitas pembangkit EBT di Indonesia guna mencapai target nasional energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Senada, Presiden Direktur PT Sasa Inti yang diwakili General Manager Plant PT Sasa Inti, Thomas Iskandar Unardi menyatakan kerjasama ini merupakan langkah yang menguntungkan kedua belah pihak.

“Kami memiliki pembangkit yang memang digunakan untuk memback-up PLN. Melihat kinerja PLN yang semakin membaik di lima hingga sepuluh tahun terakhir kami menjadi semakin yakin mempercayakan sepenuhnya pasokan listrik industri kami kepada PLN. Ke depan kami mempertimbangkan untuk menambah durasi kerjasama, dan beberapa pembangkit lainnya untuk diakuisisi PLN,” pungkasnya.