Kolaborasi UMKM dan Pengusaha Besar Melalui Turnamen Golf

ANP • Monday, 16 May 2022 - 11:45 WIB

BOGOR - Dalam rangka mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas diperlukan upaya kolaborasi antar pihak. Salahsatunya digagas oleh Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) Universitas Padjajaran. Upaya itru dilakukan melalu Exhibition & Golf Turnament UMKM Bumi Alumni II Tahun 2022, Moving Forward UMKM Menuju Transformasi Digital yang digelar di Rancamaya Golf Bogor, Minggu (15/5/2022)

Ketua Panitia Penyelenggara Exhibition & Golf Turnament UMKM Bumi Alumni II Tahun 2022, Defrizal Djamaris mengatakan, event tersebut digelar untuk memadukan produk-produk UMKM dibawah binaan PBA dengan acara golf yang merupakan kegemaran kalangan menengah atas.

"Acara ini adalah eksebisi UMKM dan turnamen golf. Perkumpulan Bumi Alumni yang kedua, yang pertama pada 2020. Kita memadukan produk-produk UMKM dibawah binaan PBA dengan acara golf yang notabene disukai kelas atas," tegas Ketua Panitia Penyelenggara Exhibition & Golf Turnament UMKM Bumi Alumni II Tahun 2022, Defrizal Djamaris di Rancamaya Golf Bogor, Minggu (15/5/2022).

Hadir pula mantan ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zulfa, Politisi Ferry Mursidan Baldan, dan Andre Rosiade.

Menurutnya, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di masa pandemi. Untuk itu, diperlukan upaya saling berkolaborasi memberikan dukungan khususnya bagi pengusaha kelas atas, agar UMKM naik kelas.

"Kolaborasi saling berikan dukungan besar untuk bantu UMKM. Masa pandemi umkm tulang punggung," katanya.

Defrizal Djamaris menjelaskan, ada sekitar 30 UMKM yang bergerak dibidang makanan, minuman, hingga fashion, dibawah binaan PBA yang ikut memperkenalkan dan mempromosikan agar lebih dikenal dan "mendunia".

"Ada 30an umkm dibawah binaan PBA. Ikut memperkenalkan dan promosikan. Diharapkan lebih dikenal masyarakat luas dikalangan menengah atas dan naik kelas," ujarnya.

Ia berharap dengan event ini bisa meningkatkan produksi dan mutu, agar nantinya membuka peluang untuk lebih maju lagi.

"Targetnya terjadi kolaborasi usaha besar saling mendukung usaha kecil menengah. Saat ini adakan acara di golf ini. UMKM harus meningkatkan mutu dan produktivitas yang berkualitas dengan merambah kelas menengah atas. selama ini impor. kita bisa buat sendiri," kata Defrizal.

Sebelumnya, Exhibition & Golf Turnament UMKM Bumi Alumni II Tahun 2022 digelar untuk kedua kalinya. Tahun lalu tidak digelar karena tingginya angka Covid-19. Event ini mendapatkan 30 sponsor dari BUMN dan Perusahaan swasta. Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) memiliki beberapa usaha diantaranya koperasi dan bantuan hukum bagi UMKM, dan ekonomi digital melalui Bumi Alumni Gallery market place. (ANP)