Solusi Masalah Gen Z, SCK-SCB Gelar Youth Summer Experience (YSE) 2022

AKM • Saturday, 14 May 2022 - 15:11 WIB

 

Jakarta - Problem bersosialisasi dan juga pertemanan mengiringi langkah generasi-Z  yang dikenal sebagai gen-Z; dan lahir pada 1995-2010.. Hal yang menarik, dari hasil sensus penduduk pada tahun 2020, gen-z yang bertumbuh kembang dengan teknologi digital ini. mempunyai jumlah terbanyak (27,94%) di dalam demografi penduduk Indonesia.

“Problem yang sudah ditunjukkan, sulitnya bersosialisasi dari generasi ini tidak dapat dianggap enteng. Problem di atas, bisa jadi menggambarkan kegelisahan dari nara-didik di SMP dan SMA Sekolah Citra Kasih-Sekolah Citra Berkat (SCK-SCB),” ujar Teaching, Learning, and Curricullum (TLC), Sekolah Citra Kasih, Adrianus Yosia, di Jakarta, Sabtu (15/5).

Adrianus menjelaskan pembelajaran jarak jauh menjadi opsi utama selama masa-masa pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir menjadi kendala juga untuk bersosialisasi.

“Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa pengajaran dalam dunia pendidikan dapat diartikan sebagai memberikan ilmu atau pengetahuan dan juga kecakapan yang dapat memberikan faedah pada nara-didik secara lahir dan batin,” ungkap Adrianus. 

Untuk itu, menurut Adrianus, Paralel dengan visi dari Ki Hajar Dewantara ini, SCK-SCB pun berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan yang mumpuni, kecakapan dalam kemampuan bersosialisasi bagi nara-didiknya,

“Salah satu ruang kegiatan untuk memberikan manfaat bagi nara-didik gen-Z untuk bersosialisasi adalah Youth Summer Experience (YSE).  YSE merupakan kegiatan yang diadakan pada waktu liburan sekolah (sekitar bulan Juni) dengan tujuan agar nara-didik dapat mempelajari keahlian hidup dan juga karakter,” tuturnya.

Terkait dengan hal ini, rencananya YSE pada tahun ini akan dilaksakan pada tanggal 20-24 Juni 2022 di Yogyakarta dengan tema Warrior’s Challenge dan lebih detail dapat dilihat di web site https://citrakasih.sch.id/academic/).

“Lewat acara ini, peserta akan diajak untuk melihat bahwa dirinya adalah seorang kesatria yang sedang menghadapi belantara kehidupan yang tentunya menjadi tantangan bagi mereka,” tambahnya .

Sebagai seorang kesatria, peserta akan ditantang untuk menghidupi nilai-nilai yang menjadi ciri khas dari kesatria di tengah-tengah tantangan, yakni: keberanian, kejujuran, antusiasme, dan juga disiplin. 

“Lewat acara tersebut, SCK-SCB berkomitmen untuk bersumbangsih memberikan solusi melalui program YSE, walaupun tidak besar, bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya bagi gen-Z yang saat ini menjadi generasi dengan jumlah terbanyak,” tandasnya.