Memory 2022: Film Action yang Dibalut Adegan Thriller

MUS • Saturday, 14 May 2022 - 09:11 WIB

Genre: Action, Thriller
Sutradara: Martin Campbell
Produksi: Black Bear Pictures, Saville Productions, Welle Entertainment
Pemeran: Liam Neeson, Guy Pearce, Monica Bellucci, Taj Atwal, hingga Ray Fearon.
Durasi: 114 Menit
Mulai Tayang: 13 Mei 2022

Alex Lewis (Liam Neeson) merupakan pembunuh bayaran yang hendak pensiun karena merasa kehidupannya sudah tidak lama lagi. Ia mengidap Alzheimer yang kelamaan membuat kemampuannya untuk mengingat sesuatu memudar. 

Tawaran terakhir untuk membunuh membuat Alex terpaksa kembali melakukan pekerjaannya. Tapi setelah mengetahui bahwa target pembunuhannya adalah seorang anak perempuan yang tidak bersalah, Alex memutuskan untuk tidak mematuhi perintah dan justru dijadikan target pembunuhan oleh organisasi kriminal yang menyewa jasanya.

Film ini diadaptasi dari sebuah buku berjudul De Zaak Alzheimer karya penulis Belgia, Jef Geeraerts, dan remake dari film The Memory of a Killer. 

Dimana plot dibangun dengan sangat apik. FBI dan polisi setempat dibuat uring-uringan dengan organisasi perdagangan manusia yang belum juga bisa mereka tangkap. Kemudian muncul kehadiran Alex Lewis seakan-akan membuka peluang bagi mereka untuk mengungkap misteri dan siapa otak dibalik organisasi kriminal tersebut.

Alex Lewis yang merasa jika membunuh anak-anak tak bersalah menyalahi prinsip hidupnya memilih untuk tidak melakukan tugas. Namun ternyata anak yang ia lindungi justru dibunuh oleh rekan pembunuh yang lain atas suruhan orang yang sama. Maka ia memutuskan untuk memburu dan menghabisi semua orang yang mempekerjakannya.

Dalam perburuan ini, Alex bertemu agen FBI, Vincent Serra (Guy Pearce) yang terkait dengan kasus dan juga melindungi gadis target pembunuhan. Mereka berdua bekerjasama untuk menangkap sosok dibalik perintah pembunuhan tersebut. 

Sayangnya, adegan kerja sama Alex dan Vincent tidak diberi porsi yang banyak. Padahal feeling dari kedua karakter sangat cocok, seorang penjahat yang bekerjasama dengan penegak hukum, bukankah sangat menghibur?

Terlepas dari itu, Memory merupakan tontonan yang sangat seru. Anda akan dibuat terpukau dengan aksi dari aktor senior Liam Neeson. Gaya pertarungannya yang sederhana saat melumpuhkan musuh membuat anda tidak bisa menyangkal bahwa Alex Lewis merupakan pembunuh bayaran berbahaya.

Dengan genre action dibalut banyak adegan thriller, Memory juga menghadirkan beberapa dialog dan adegan dark jokes. Jokes gelap ini bahkan mampu membuat penonton tertawa selama menonton dalam bioskop.

Jangan lewatkan keseruan kisah Alex dalam menghadapi kondisi mentalnya yang tidak stabil, sekaligus berusaha memburu dalang dibalik pekerjaannya, sebelum penegak hukum berhasil menangkap dirinya dalam Memory yang tayang mulai 13 Mei 2022 di XXI. (AYN)