Daftar Pj Gubernur 5 Provinsi yang Dilantik Mendagri Tito Hari Ini

FAZ • Thursday, 12 May 2022 - 11:47 WIB

Jakarta - Hari ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat.

Terlihat ada nama Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, yang akan menjabat Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, akan menjabat Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Kemudian, Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri, Komjen (Purn) Paulus Waterpauw, akan menjabat Pj Gubernur Papua Barat. Selanjutnya Sekda Banten, Al Muktabar, akan menjabat sebagai Pj Gubernur Banten dan Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga, Hamka Hendra Noer, yang akan menjabat sebagai Pj Gubernur Gorontalo.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut bahwa kinerja pejabat (Pj) Gubernur yang baru saja dilantik hari ini akan dievaluasi 3 bulan sekali sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Tiga bulan sekali sesuai UU. Dari situ kita lakukan evaluasi. Apakah performance-nya bagus atau tidak," ujar Tito kepada wartawan, di Gedung Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Tito juga menegaskan bahwa Pj gubernur yang terpilih sudah melewati mekanisme penjaringan dari para tokoh masyarakat dan kementerian lembaga terkait.

"Saya sampaikan bahwa yang terpilih ini sudah melalui mekanisme penjaringan dari kementerian lembaga dan tokoh-tokoh masyarakat," kata Tito.