Antisipasi Macet, Polisi Terapkan Rekayasa Lalin di Sekitar Bandara Soekarno Hatta  

MUS • Wednesday, 11 May 2022 - 12:17 WIB

Jakarta - Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas di sekitar wilayah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Rekayasa lalin yang dilakukan sejak Selasa, 10 Mei 2022 bertujuan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, serta meminimalisir kecelakaan.

Kasatlantas Polresta Bandara Soetta Kompol Bambang AS menjelaskan, rekayas lalin dilakukan dengan cara kanalisasi arus lalin di jalan P1 dari Jakarta arah Bandara Soetta serta di jalan P2 dari Bandara Soetta menuju arah Jakarta.

"Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas, khususnya meminimalisir kejadian Laka Lantas di area tikungan lama Bandara Soekarno Hatta, karena menurut data yang ada, kecelakaan lalu-lintas sering terjadi di areal tersebut," ujarnya.

Bambang melanjutkan, saat ini pihaknya tengah fokus dalam upaya pencegahan. Selain itu, rekayasa lalu lintas ini akan terus dilakukan secara situasional.

"Paradigma baru Sat Lantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta adalah mengutamakan pencegahan. Karena bila sudah ada kejadian, cost atau biaya yang ditimbulkannya pasti akan lebih besar," ujarnya.

Tak lupa, Kompol Bambang AS mengimbau masyarakat pengguna jasa Bandara Soetta serta pekerja atau karyawan untuk tetap selalu mematuhi peraturan lalu-lintas untuk keselamatan dan berkendara.

"Mengingat masyarakat yang tertib berlalu-lintas adalah representasi atau cermin budaya bangsa. Dan diimbau kepada pegawai yang bekerja di instansi wilayah Bandara Soetta untuk menjadi pelopor lebih disiplin bahkan menjadi teladan masyarakat pengguna jasa Bandara dalam tertib berlalu-lintas," katanya.

Kegiatan rekayasa lalu-lintas tersebut dilaksanakan atas hasil kerja sama antara Sat Lantas Polresta BSH dengan pengelola jalan tol PT Jasa Marga Tangerang Cengkareng (JTC) serta Operator Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II.